Menggugah Kesadaran Dunia: 640 Ribu Nyawa Anak Gaza Terancam Akibat Polio

Redaksi - Sabtu, 31 Agustus 2024 17:30 WIB
Menggugah Kesadaran Dunia: 640 Ribu Nyawa Anak Gaza Terancam Akibat Polio
Antara
Warga berebut untuk mendapatkan bantuan pangan di kamp pengungsi Jabalia, Jalur Gaza utara. Wilayah Gaza saat ini dilanda krisis kemanusiaan dengan jutaan orang yang mengungsi serta terbatasnya makanan, air bersih, dan obat-obatan.
bulat.co.id -MEDAN I Sebuah ancaman baru dalam bidang kesehatan muncul di Jalur Gaza, Palestina, wilayah yang selama setahun terakhir menjadi pusat perhatian dunia karena konflik berkepanjangan.

Polio, penyakit yang seharusnya sudah menjadi bagian dari masa lalu kini kembali muncul sebagai ancaman serius.

Advertisement

Pada Juli 2024, Kementerian Kesehatan Gaza menetapkan wilayah tersebut sebagai daerah epidemi polio setelah terkonfirmasinya kasus pertama dalam 25 tahun terakhir terdeteksi di Kota Deir Al Balah, Gaza tengah.

Baca Juga:

Polio adalah penyakit yang menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen, terutama rentan menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun.

Dari setiap 200 kasus infeksi, satu di antaranya dapat mengalami kelumpuhan yang tidak dapat disembuhkan dan antara 5-10 persen dari mereka yang mengalami kelumpuhan akhirnya meninggal dunia akibat kegagalan fungsi otot pernapasan.

Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru