Selain Donald Trump, Inilah 12 Presiden atau Capres AS Yang Pernah Mengalami Penembakan

Andy Liany - Senin, 15 Juli 2024 09:50 WIB
Selain Donald Trump, Inilah 12 Presiden atau Capres AS Yang Pernah Mengalami Penembakan
net
Selain Donald Trump, Inilah 12 Presiden dan Capres AS Yang Pernah Mengalami Penembakan

3. WILLIAM McKINLEY, presiden ke-25

Advertisement

McKinley ditembak setelah berpidato di Buffalo, New York, pada 6 September 1901. Ia sedang berjabat tangan dengan orang-orang yang melewati barisan penerima tamu ketika seorang pria melepaskan dua tembakan ke dadanya dari jarak dekat.

Baca Juga:

Dokter memperkirakan McKinley akan pulih, tetapi kemudian gangren muncul di sekitar luka tembak.

McKinley meninggal pada 14 September 1901, enam bulan setelah membuka masa jabatan keduanya.

Ia digantikan oleh Wakil Presiden Theodore Roosevelt.

4. FRANKLIN D. ROOSEVELT, presiden ke-32

Roosevelt, yang saat itu menjadi presiden terpilih, baru saja memberikan pidato di Miami dari belakang mobil terbuka ketika suara tembakan terdengar.

Roosevelt tidak terluka dalam penembakan Februari 1933 yang menewaskan Wali Kota Chicago Anton Cermak.

Guiseppe Zangara dihukum karena penembakan tersebut dan dijatuhi hukuman mati.


5. HARRY S. TRUMAN, presiden ke-33

Truman menginap di Blair House, di seberang jalan dari Gedung Putih, pada bulan November 1950 ketika dua pria bersenjata masuk.

Truman tidak terluka, tetapi seorang polisi Gedung Putih dan salah satu penyerang tewas dalam baku tembak. Dua polisi Gedung Putih lainnya terluka.

Oscar Callazo ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Pada tahun 1952, Truman mengubah hukumannya menjadi penjara seumur hidup. Ia dibebaskan dari penjara pada tahun 1979 oleh Presiden Jimmy Carter.

6. JOHN F. KENNEDY, presiden ke-35

Kennedy ditembak mati oleh seorang pembunuh bayaran bersenjata senapan berkekuatan tinggi saat ia mengunjungi Dallas pada bulan November 1963 bersama ibu negara Jacqueline Kennedy. Tembakan terdengar saat iring-iringan mobil presiden melewati Dealey Plaza di pusat kota Dallas.

Kennedy dilarikan ke Rumah Sakit Parkland Memorial, di mana ia meninggal tak lama kemudian.

Ia digantikan oleh Wakil Presiden Lyndon B. Johnson, yang diambil sumpah jabatannya di ruang konferensi di dalam Air Force One. Ia adalah satu-satunya presiden yang mengambil sumpah jabatan di atas pesawat terbang.

Beberapa jam setelah pembunuhan itu, polisi menangkap Lee Harvey Oswald setelah menemukan tempat bertengger penembak jitu di gedung terdekat, Texas School Book Depository.

Dua hari kemudian, Oswald dibawa dari markas polisi ke penjara daerah ketika pemilik klub malam Dallas, Jack Ruby, bergegas maju dan menembak mati Oswald.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru