Selain Donald Trump, Inilah 12 Presiden atau Capres AS Yang Pernah Mengalami Penembakan

Andy Liany - Senin, 15 Juli 2024 09:50 WIB
Selain Donald Trump, Inilah 12 Presiden atau Capres AS Yang Pernah Mengalami Penembakan
net
Selain Donald Trump, Inilah 12 Presiden dan Capres AS Yang Pernah Mengalami Penembakan

bulat.co.id - Pembunuhan atau percobaan pembunuhan seorang presiden AS ternyata bukan kali ini saja terjadi.

Advertisement

Peristiwa pembunuhan atau percobaan pembunuhan tersebut sudah terjadi belasan kali sejak negara ini berdiri.

Baca Juga:

Dikutip dari AP, sebelum percobaan pembunuhan terhadap mantan Presiden Donald Trump pada hari Sabtu, telah terjadi beberapa contoh kekerasan politik yang menargetkan presiden AS, mantan presiden, dan kandidat presiden dari partai besar.

Inilah beberapa pembunuhan dan percobaan pembunuhan yang terjadi sejak negara ini berdiri pada tahun 1776.

1. ABRAHAM LINCOLN, presiden ke-16

Lincoln adalah presiden pertama yang dibunuh, ditembak oleh John Wilkes Booth pada tanggal 14 April 1865, saat ia dan istrinya, Mary Todd Lincoln, menghadiri pertunjukan khusus komedi "Our American Cousin" di Ford's Theatre di Washington.

Lincoln dibawa ke sebuah rumah di seberang jalan dari teater untuk perawatan medis setelah ia ditembak di bagian belakang kepala. Ia meninggal keesokan paginya. Dukungannya terhadap hak-hak orang kulit hitam disebut-sebut sebagai motif di balik pembunuhannya.

Dua tahun sebelum pembunuhan itu, selama Perang Saudara, yang disebabkan oleh perbudakan, Lincoln mengeluarkan Proklamasi Emansipasi yang memberikan kebebasan kepada para budak di dalam Konfederasi.

Lincoln digantikan oleh Wakil Presiden Andrew Johnson.

Booth ditembak dan dibunuh pada tanggal 26 April 1865, setelah ia ditemukan bersembunyi di sebuah gudang dekat Bowling Green, Virginia.

2. JAMES GARFIELD, presiden ke-20

Garfield adalah presiden kedua yang dibunuh, enam bulan setelah menjabat. Ia sedang berjalan melalui stasiun kereta api di Washington pada tanggal 2 Juli 1881 untuk mengejar kereta ke New England ketika ia ditembak oleh Charles Guiteau.

Alexander Graham Bell, penemu telepon, mencoba mencari peluru yang bersarang di dada Garfield menggunakan alat yang ia rancang khusus untuk presiden, namun gagal.

Presiden yang terluka parah itu terbaring di Gedung Putih selama beberapa minggu, tetapi meninggal pada bulan September setelah dibawa ke pantai New Jersey. Ia telah menjabat selama enam bulan.

Garfield digantikan oleh Wakil Presiden Chester Arthur.

Guiteau dinyatakan bersalah dan dieksekusi pada bulan Juni 1882.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru