Kerahkan Rudal Tomahawk, AS Lancarkan Serangan Hantam Pemberontak Houthi di Yaman

Redaksi - Kamis, 18 Januari 2024 13:45 WIB
Kerahkan Rudal Tomahawk, AS Lancarkan Serangan Hantam Pemberontak Houthi di Yaman
Ilustrasi
bulat.co.id - YAMAN | AmerikaSerikat (AS) telah melakukanserangan putaran keempat terhadap kelompokHouthi yang didukung Iran di Yaman.Pejabat Pentagon mengonfirmasi pada Rabu (17/1/2024) malam, sekitar 14 rudalHouthi, yang menurut AS mungkin dimaksudkan untuk menyerang kapal-kapal di Laut Merah, menjadi sasaran pasukan AS.

Advertisement
Komando Timur Tengah AS atau Centcom mengatakan lokasi tersebut diserang oleh rudalTomahawk yang ditembakkan dari kapal Angkatan Laut AS.

Baca Juga:
Serangan ini terjadi ketika Amerika menetapkan kelompokHouthi sebagai "teroris global".

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan langkah tersebut dilakukan ebagai respons terhadap serangan militan yang sedang berlangsung terhadap pelayaran komersial di wilayah tersebut.

Langkah ini sekaligus membatalkan keputusan untuk menghapus penyebutan tersebut pada masa-masa awal pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

Serangan pada Rabu (17/1/2024) terhadap sasaran Houthi menyusul serangan lebih lanjut terhadap kapal komersial. Beberapa jam sebelumnya, kelompok tersebut menyerang kapal yang dimiliki dan dioperasikan AS untuk kedua kalinya pada minggu ini.

Centcom mengatakan pemberontak menggunakan drone satu arah untuk menargetkan M/V Genco Picardy di Teluk Aden. Kapal mengalami beberapa kerusakan, namun tidak ada awak kapal yang terluka dalam serangan tersebut.

Pada Senin (15/1/2024), kelompokHouthi menyerang kapal Amerika lainnya dengan rudal balistik, yang tampaknya merupakan serangan pertama yang berhasil dilakukan kelompok tersebut terhadap kapal Amerika sejak kampanye mereka dimulai.

Para pejabat AS mengatakan serangan pada Rabu (17/1/24) ini merupakan tindakan pencegahan dan menghancurkan senjata-senjata yang akan segera ditembakkan oleh para militan.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru