Rudal Terbesar Rusia Hantam Ukraina, 30 Orang Tewas dan 160 Terluka

Redaksi - Sabtu, 30 Desember 2023 11:30 WIB
Rudal Terbesar Rusia Hantam Ukraina, 30 Orang Tewas dan 160 Terluka
Pemboman rudal terbesar Rusia tewaskan 60 orang di Ukraina (Foto: Layanan Darurat Ukraina via AP)

bulat.co.id -UKRAINA | Setidaknya 30 orang tewas dalam pemboman rudal terbesar yang dilakukan Rusia sejauh ini kepada Ukraina.

Advertisement

Lebih dari 160 orang terluka ketika Rusia menyerang Kyiv, Odesa, Dnipropetrovsk, Kharkiv dan Lviv pada Jumat (29/12/23) dini hari.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia menggunakan hampir semua jenis senjata di gudang senjatanya. Rumah-rumah dan rumah sakit bersalin menjadi sasaran serangan.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan pihaknya belum pernah melihat begitu banyak rudal yang diluncurkan secara bersamaan.

Pertahanan udara Kyiv telah meningkat secara drastis dalam beberapa bulan terakhir, namun pada Jumat (29/12/23) mereka kewalahan.

Seorang juru bicara Angkatan Udara mengatakan Rusia menggunakan rudal hipersonik, jelajah dan balistik, termasuk jenis X-22, yang sulit dicegat. "Kami belum pernah melihat begitu banyak target yang dicapai secara bersamaan," tambahnya.

Angkatan udara mengatakan 114 dari 158 rudal dan drone telah ditembak jatuh.

Asap hitam mengepul dari berbagai lokasi ledakan. Kami menuju ke salah satu gudang sepanjang 200 meter di distrik Podilskyy Kyiv, yang dimiliki oleh sebuah perusahaan konstruksi. Itu telah sepenuhnya dilubangi akibat dampaknya.

Ini adalah tingkat kehancuran yang hanya disebabkan oleh serangan rudal langsung. Selama berbulan-bulan, sebagian besar puing-puing yang berjatuhan menyebabkan kerusakan dan korban jiwa yang selalu dikhawatirkan oleh warga Ukraina. Ancaman yang lebih besar kini telah kembali.

Baca Juga:
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru