Dulu Dielu-elukan Sebagai Menteri Malaysia Termuda, Kini Syed Saddiq Divonis 7 Tahun Penjara

Hadi Iswanto - Kamis, 09 November 2023 21:31 WIB
Dulu Dielu-elukan Sebagai Menteri Malaysia Termuda, Kini Syed Saddiq Divonis 7 Tahun Penjara
Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dulunya dielu-elukan sebagai menteri termuda Malaysia. Kini, mantan Menpora Malaysia itu harus mendekam di penjara usai dijatuhi hukuman tujuh tahun atas kasus pencucian uang.
bulat.co.id -Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dulunya dielu-elukan sebagai menteri termuda Malaysia. Kini, mantan Menpora Malaysia itu harus mendekam di penjara usai dijatuhi hukuman tujuh tahun atas tuduhan pencucian uang.

Dikutip Straits Time, Kamis (9/11/2023), selain divonis 7 tahun penjara, Saddiq juga dihukum dua pukulan cambuk, serta denda RM 10 juta (US$2,9 juta). Saddiq disebut politisi pertama yang menghadapi hukuman cambuk atas kasus korupsi.

Advertisement

Wakil Jaksa Penuntut Umum Wan Shaharuddin Wan Ladin mengatakan hukuman tersebut berlaku untuk terdakwa laki-laki yang berusia di bawah 50 tahun.

Baca Juga:

Usai divonis, Saddiq akan mengundurkan diri sebagai presiden Aliansi Demokratik Bersatu Malaysia.

Saddiq masih bisa mengajukan banding atas vonis 7 tahun penjara kasus pencucian uang. Dia merasa harus membersihkan namanya lewat jalur pengadilan.

"Meskipun saya mengajukan banding (melawan hukuman tersebut), saya tidak pantas mendapatkan peran itu dan saya perlu membersihkan nama saya di pengadilan," katanya dalam jumpa pers.

"Saya berkewajiban tidak hanya kepada masyarakat tetapi juga kepada anggota dan pemimpin partai. Penting untuk menyampaikan pesan yang jelas bahwa rakyat Malaysia berhak mendapatkan yang lebih baik dalam politik, dan meskipun hal itu mungkin merugikan saya, saya harus melakukannya," paparnya.

Sebelum jalannya sidang vonis, Saddiq mengatakan dia menghormati keputusan pengadilan, namun akan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi. Dia mengaku siap menghadapi kritik dari masyarakat usai putusan tersebut.

"Untuk menjadi pemimpin yang dapat melakukan yang terbaik bagi negara, seseorang harus lebih berkulit putih untuk mewujudkan impian Malaysia. Saya akan menerima kritik apa pun karena saya tidak berbeda dengan orang lain di negara ini," tuturnya.

Bantahan Sejak 2021

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru