Ini 7 Tokoh dan Pahlawan Nasional Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri, Salah Satunya Jokowi

Hendra Mulya - Rabu, 25 Oktober 2023 16:15 WIB
Ini 7 Tokoh dan Pahlawan Nasional Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri, Salah Satunya Jokowi
Istimewa

bulat.co.id -MEDAN | Penamaan sebuah jalan sering kali diambil dari nama seorang tokoh yang dianggap telah berjasa dalam momen atau peristiwa-peristiwa tertentu, baik dalam dunia pendidikan maupun dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Advertisement

Tidak hanya di dalam negeri, nama beberapa pahlawan dan tokoh nasional Indonesia pun diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri.

Baca Juga:

Penamaan jalan menggunakan nama pahlawan dan tokoh Indonesia adalah sebagai bentuk penghormatan atas jasa dan sumbangsihnya. Lalu, siapa saja nama tokoh dan pahlawan Indonesia yang menjadi nama jalan di luar negeri.

Baca Juga :nasional di Gaza">Sekjen PBB : Israel Lakukan Pelanggaran Hukum Humaniter Internasional di Gaza

Berikut tokoh dan pahlawan Indonesia yang namanya digunakan sebagai nama jalan di luar negeri.

Pattimurastraat di Wierden, Belanda
Nama pahlawan nasional Pattimura asal Ambon, Maluku diabadikan sebagai nama jalan di Kota Wierden, Belanda. Hal itu diusulkan oleh komunitas Maluku yang menetap di Wierden dan diresmikan pada 2011.

Martha C. Tiahahustraat di Wierden, Belanda
Tak jauh dari Pattimurastraat, terdapat sebuah jalan namanya didedikasikan untuk salah satu pahlawan nasional Indonesia, yaitu Martha C. Tiahahustraat. Namanya dicantumkan di area dan waktu yang sama dengan Pattimurastraat.

Martha C. Tiahahu dikenal sebagai pahlawan nasional wanita. Semangat dan perjuangannya dalam pertempuran diapresiasi oleh pihak Belanda menjadi nama sebuah jalan.

Jalan Kartini di Utrecht, Belanda
Nama Kartini disematkan di empat kota berbeda yang ada di Belanda. R.A Kartinistraat sebagai jalan utama di kota Utrecht. Kartinistraat di perumahan Zuiderpolder, Haarlem. Sebuah jalan melingkar di Venlo pun dinamai Kartinistraat.

Nama lengkap Kartini dicantumkan secara lengkap untuk sebuah jalan di wilayah Zuidoost, Amsterdam yaitu Raden Adjeng Kartinistraat.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru