Festival Kenangan untuk Sosok Sanusi Pane Diselenggarakan oleh BKM, Ini Lokasinya

Redaksi - Sabtu, 31 Agustus 2024 21:30 WIB
Festival Kenangan untuk Sosok Sanusi Pane Diselenggarakan oleh BKM, Ini Lokasinya
Antara
Bengkel Kreatif Menulis

Sanusi Pane adalah tokoh nasional yang sangat berpengaruh di Indonesia. Dia adalah salah satu dari beberapa pencetus ide dan gagasan nasionalisme Indonesia, serta turut membantu memperbaiki naskah lagu kebangsaan Republik Indonesia, "Indonesia Raya".

Advertisement

Festival Sanusi Pane akan menampilkan lima kegiatan, termasuk sayembara menulis esai tentang kontribusi gagasan dan pemikiran Sanusi Pane bagi dunia intelektual Indonesia.

Baca Juga:

Sayembara ini terbuka untuk umum dan tujuannya adalah agar masyarakat Indonesia tahu dan memahami betapa banyak tokoh nasional yang lahir dari Kota Padang Sidimpuan dengan pemikiran dan gagasannya saat itu sangat maju.

M. Anwar Dhani Giuawa, ketua sayembara menulis esai tentang Sanusi Pane, menyatakan bahwa juri sayembara melibatkan beberapa tokoh ternama seperti Saut Situmorang, seorang sastrawan dan kritikus sastra, Dr. Rosliani, seorang akademisi dan bekerja di Balai Bahasa Sumatra Utara, dan Budi P. Hutasuhut, seorang sastrawan dan peneliti sejarah yang berasal dari Kota Padang Sidimpuan. Kesemua produk gagasan yang terpilih akan diterbitkan menjadi buku untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Selain sayembara menulis, Festival Sanusi Pane juga akan memperlihatkan kegiatan seperti seminar sastra bertema "Sastra Masuk Kurikulum dan Masa Depan Pendidikan Sastra" serta kemah sastra siswa dan mahasiswa. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat mempererat tali kebersamaan dan menunjukkan keistimewaan Kota Padang Sidimpuan.

Hady Kurniawan Harahap dan M. Anwar Dhani Giawa berharap, masyarakat Kota Padang Sidimpuan dan sekitarnya dapat terlibat dalam berbagai kegiatan yang digelar untuk memeriahkan Festival Sanusi Pane.

Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru