Sambut PON XXI/2024, Antisipasi Gangguan Lalu Lintas, FLLAJ Sumut Petakan 10 Wilayah 

Redaksi - Rabu, 31 Juli 2024 15:00 WIB
Sambut PON XXI/2024, Antisipasi Gangguan Lalu Lintas, FLLAJ Sumut Petakan 10 Wilayah 
PON
bulat.co.id -MEDAN I Menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024, Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Provinsi Sumatera Utara bersama FLLAJ Kabupaten/kota memetakan potensi gangguan lalu lintas di 10 daerah tuan rumah PON.

Advertisement
Langkah ini dilakukan untuk menata dan menertibkan perilaku masyarakat berlalu lintas demi memastikan kelancaran acara olahraga nasional tersebut.

Baca Juga:

"Kami ingin memastikan selama PON, tidak ada yang mengendarai kendaraan bermotor secara ugal-ugalan atau melanggar lalu lintas yang bisa mengganggu tamu dan para atlet serta official yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia," ujar Kombes Muji Ediyanto, Dirlantas Polda Sumut, dalam jumpa persiapan urai Rakor FLLAJ Provinsi dan FLLAJ Kabupaten/Kota di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Selasa (30/7).

Kombes Muji menekankan pentingnya pengawalan bagi atlet dan official dari penginapan hingga ke venue pertandingan. "Kami akan kawal seluruh atlet dan official yang bertanding mulai dari penginapan hingga ke venue. Jangan sampai ada yang terlambat atau terkena macet. Atlet kita pastikan tidak terlambat satu menit pun. Semua itu akan diantisipasi," tegasnya.

Dalam Rakor tersebut, Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan, mengungkapkan FLLAJ Provinsi bersama FLLAJ Kabupaten/kota telah memetakan ruas jalan yang rawan gangguan lalu lintas di sepuluh Kabupaten/kota lokasi sebaran venue pertandingan PON: Medan, Binjai, Deli Serdang, Langkat, Pematangsiantar, Simalungun, Toba, Karo, dan Samosir. Fokus utama penataan meliputi pengendalian perilaku penggunaan jalan, melawan arah, parkir liar, serta pemanfaatan badan jalan dan trotoar yang tidak sesuai peruntukan.

Agustinus juga menjelaskan, FLLAJ terus bekerja di lapangan demi mengantisipasi potensi gangguan selama PON 2024. "Kami menargetkan penataan dan ketertiban lalu lintas hingga hari H pelaksanaan PON. Setiap Kamis, kami lakukan evaluasi untuk menyelesaikan kendala yang ada dalam mencapai target bersama," tuturnya.

Untuk mendukung kelancaran transportasi, Bidang Transportasi PB PON Sumut telah menyiapkan 949 unit kendaraan dan 239 unit tambahan dari Kementerian Perhubungan. "Jika ada permintaan di luar jadwal, seperti atlet yang ingin pulang lebih awal atau ketinggalan, kami akan menyiapkan kendaraan yang tersedia dan sesuai dengan kebutuhan," tambah Agustinus.

Dengan upaya ini, Ditlantas Polda Sumut dan Dishub Sumut berharap pelaksanaan PON 2024 berjalan lancar dan aman, memberikan pengalaman terbaik bagi atlet dan official serta memastikan sarana dan prasarana jalan dapat dimanfaatkan dengan baik. (*)

Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru