Ketua Ikmal Pemalang Ajak Masyarakat Tangani Masalah Sampah

Ragil Surono - Minggu, 30 Juni 2024 12:00 WIB
Ketua Ikmal Pemalang Ajak Masyarakat Tangani Masalah Sampah
Ragil
Ketua Ikmal Abdul Halim memberikan bingkisan dan uang tunai kepada para pekerja pengangkut sampah di Pemalang 
bulat.co.id -



Advertisement

PEMALANG I Masalah sampah di Kabupaten Pemalang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah setempat hingga saat ini terkait tempat pembuangan akhir sampah belum menemukan titik terang mengenai di mana lokasi TPA akan ditetapkan.

Baca Juga:

Guna memotivasi para pekerja pengangkut sampah, ketua Ikatan Masyarakat Pemalang (Ikmal) Abdul Halim mengunjungi TPA sementara di jalan Akasia, Kelurahan Kebondalem, Pemalang pada Minggu, 30 Juni 2024.

Abdul Halim yang merupakan salah satu kandidat terkuat dalam Pilkada Pemalang ini, mengatakan bahwa meskipun masalah sampah belum terselesaikan, masalah sampah bukan hanya menjadi pekerjaan Pemkab saja, tetapi menjadi bagian semua pihak dalam masyarakat untuk berkomitmen menjaga kebersihan lingkungan.

Ia mengajak setiap individu untuk berpartisipasi dengan cara mengemas sampah ketika akan dibuang di TPA sehingga memudahkan untuk cepat diangkut.

"Sampah merupakan produk yang dihasilkan oleh masing-masing rumah tangga dan lingkungan. Oleh karena itu, seharusnya setiap orang juga ikut mengatasi masalah tersebut," ujarnya.

Terpisah, Muhammad Kusnadi (50), seorang pengemudi dari Dinas Lingkungan Hidup, bersyukur pada saat permasalahan sampah tak kunjung selesai, ada perhatian dari ketua Ikmal yang mengunjungi TPA sekaligus memecahkan bersama masalah sampah yang sedang banyak dibicarakan warga.

Kusnadi menambahkan bahwa ketua Ikmal bahkan memberikan motivasi dan sedikit bantuan kepada para pekerja pengangkut sampah di sana.

Diketahui bahwa tempat pembuangan akhir sampah di Kabupaten Pemalang masih belum menemukan pengganti TPA Pegongsoran yang telah tutup.

Beberapa kali proposal pembangunan TPA baru di desa Purana Kecamatan Bantarbolang dan Surajaya Kecamatan Pemalang kota mendapatkan penolakan dari masyarakat setempat.

Hingga saat ini, belum ada informasi mengenai tempat yang akan ditetapkan sebagai tempat pembuangan akhir sampah oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang.

Masyarakat berharap agar segera menemukan titik terang sehingga sampah yang berserakan tidak akan terlihat lagi di sudut-sudut kota Pemalang.

Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru