Waspada!!! WhatsApp Ustad Yusuf Mansur Kena Hack, Gus Miftah Jadi Korban

Hendra Mulya - Jumat, 10 Maret 2023 11:09 WIB
Waspada!!! WhatsApp Ustad Yusuf Mansur Kena Hack, Gus Miftah Jadi Korban
Foto : internet
bulat.co.id -Akun whatsapp Ustaz Yusuf Mansur dibajak oleh orang tidak dikenal (OTK). Bahkan, Gus Miftah juga menjadi salah satu orang yang dirugikan hacker dengan modus apk bodong berkedok undangan pernikahan.

Dilansir dari kumparan.com, ustad Yusuf Mansur menceritakan bahwa akun whatsapp miliknya dibajak oleh orang tak dikenal. Orang tersebut lalu mengirim file ber-ekstensi .apk, yang di-rename 'Lokasi pernikahan dan Turut Mengundang' ke nomor Gus Miftah.

Advertisement

Setelah berhasil membajak, kemudian pelaku meminta uang sebesar Rp 1000.000 kepada Gus Miftah.

Baca Juga:

"HP saya sempat dibajak

pada 9 Maret 2023, sekitar pukul 21.00 wib. Ada yang langsung kena tipu saat itu, yakni Gus Miftah. Modusnya, minta agar transfer ke pembajak itu. Gus Miftah percaya itu saya, lalu transfer," kata Yusuf Mansur.

Yusuf Mansur yang mengetahui gelagat mencurigakan kemudian melakukan tindakan dengan cara menelepon nomornya sendiri lewat handphone atau akun whatsApp lain.

Tak disangka, saat ustad Mansur menelepon pelaku, nomor itu mengangkat telepon Yusuf mansur. Beruntung, permasalahan tersebut segera ditangani oleh timnya dan akun whatsApp Yusuf Mansur telah kembali seperti semula.

Agar tak ada orang lain yang menjadi korban sepertinya, Yusuf Mansur memberi saran untuk berhati-hati dalam menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis di area publik, meski koneksi yang ditawarkan itu gratis.



Begitu juga soal undangan pernikahan bodong. Ia berharap jika ada orang lain yang mendapat file tersebut secara mencurigakan dan meminta nominal uang, agar tidak menggubrisnya, sebab bisa jadi itu adalah pelaku penipuan.


"Hati-hati dalam memakai Wi-Fi publik, seberapapun gratisannya, baik itu di hotel atau bandara, kafe, resto, dan lainnya, karena hal ini sangat rawan dan jangan pernah mengeklik undangan, atau file yang tidak jelas," pesan Yusuf Mansur.



Untuk mengantisipasi hal serupa Yusuf Mansur juga menyarankan siapa saja untuk mengaktifkan 2 factor authentication, di akun ehatsAppnya. Ini dilakukan demi keamanan berlapis, mencegah ada orang mencurigakan mengambil alih akun whatsApp untuk melakukan tindakan penipuan.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru