Kambingnya Dimangsa, Seorang Warga Aceh Timur Nekat Racuni Anak Harimau Sumatera Hingga Tewas

Hendra Mulya - Rabu, 01 Maret 2023 16:50 WIB
Kambingnya Dimangsa, Seorang Warga Aceh Timur Nekat Racuni Anak Harimau Sumatera Hingga Tewas
bulat.co.id -Kesal empat ekor kambingnya dimangsa,

SY (38) warga Dusun Kreung Baung, Desa Peunaron Lama, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur

Advertisement



Peristiwa itu berawal

pada Selasa (21/2/23) lalu. Saat itu pelaku kesal lantaran empat ekor kambingnya telah dimangsa oleh seekor anak Harimau Sumatera.

Melihat hal itu, kemudian timbul niat pelaku untuk membunuh Harimau itu. Pelaku pun menaburkan racun hama di bangkai kambing yang telah dimangsa.

Selang beberapa lama, anak Harimau Sumatera kembali datang ke lokasi untuk memakan hewan buruannya. Karena sudah ditaburi racun, akhirnya anak Harimau juga tewas.

Petugas Forum Konservasi Leuser (FKL) yang mengetahui peristiwa itu kemudian melakukan penyelidikan bersama BBKSDA.

Dari hasil penyelidikan itu, ditemukan satu buah kantong plastik berwarna putih yang berisikan racun hama merk Curatter beserta bungkusannya tidak jauh dari lokasi temuan bangkai.

Atas peristiwa itu, pihak BKSDA Aceh akhirnya melaporkan temuanya ke Polres Aceh Timur.

Dari laporan itu, Satu Reskrim Polres Aceh Timur melakukan penyelidikan dan diketahui kalau pelaku yang meracuni Harimau Sumatera itu adalah pemilik empat ekor kambing yang dimangsa.

"Pelaku SY kita tangkap saat berada di rumah saudaranya dikawasan Desa Pasir Putih, Rantau Peureulak," terang Kasat Reskrim Polres Aceh Timur, AKP. Arif Wibowo, Rabu (1/3/23).

"Pelaku juga mengakui semua perbuatannya dan menyesal telah membunuh Harimau Sumatera, yang merupakan satwa dilindungi," bebernya.

Akibat perbuatannya, pelaku SY terbukti melanggar Pasal 21 ayat (2) huruf a jo pasal 40 ayat (2) Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 100 Juta.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru