Polisi Gagalkan Peredaran 20 Kg Sabu di Riau, Tersangka Ada Mahasiswa dan PNS

Redaksi - Senin, 05 Agustus 2024 19:00 WIB
Polisi Gagalkan Peredaran 20 Kg Sabu di Riau, Tersangka Ada Mahasiswa dan PNS
Istimewa
bulat.co.id - PEKANBARU | Polisi mengungkap peredaran 20 Kg sabu selama Operasi Antik Lancang Kuning 2024. Dari puluhan kilogram sabu itu, ada banyak mahasiswa hingga ASN jadi tersangka.

Direktur Narkoba Polda Riau Kombes Manang Soebeti mengatakan Operasi Antik Lancang Kuning digelar selama 22 hari. Semua lumbung peredaran narkoba terus dirazia.

Advertisement

"Operasi Antik digelar selama 22 hari dari 11 Juli sampai 1 Agustus 2024. Ada 20 Kg lebih narkotika jenis sabu diamankan," kata Manang, Senin (5/8/2024).

Baca Juga:

Selain sabu, polisi juga menyita 778 butir ekstasi, 5,14 Kg ganja dan 10 butir happy five. Tak hanya itu, polisi juga menyita Rp 143 juta uang tunai, 12 unit mobil, 86 motor dan 424 unit Hp yang dipakai untuk bisnis haram.

Operasi Antik Lancang Kuning digelar tak hanya oleh Polda Riau saja. Namun seluruh jajaran Polres dan Polresta di Provinsi Riau juga ikut melakukan pemberantasan dan sosialisasi pencegahan peredaran narkoba.

"Total tersangka ada 485 orang. Ini terdiri dari berbagai profesi. Ada mahasiswa, pelajar, PNS, pegawai swasta, buruh sampai pengangguran," kata Manang.

Alumni Akpol 2001 itu mengaku akan terus mengusut kasus peredaran narkoba di Riau. Salah satunya untuk mencegah dampak penyalahgunaan narkoba.

Perwira menengah polisi dengan pangkat melati 3 itu juga menyoroti kasus mahasiswi Marisa Putri (21), yang terlibat kecelakaan maut. Marisa menabrak IRT bernama Renti (46) hingga tewas, Sabtu (3/8) kemarin.

"Dampak penyalahgunaan narkoba seperti yang dilakukan mahasiswi Marisa Putri inilah yang kita cegah. Makanya kita lakukan razia secara berkala di tempat-tempat hiburan karena narkoba ini dampaknya cukup berbahaya," kata Manang.

Sesuai instruksi Kapolda Irjen Mohammad Iqbal, Manang memastikan operasi pemberantasan narkoba akan terus dilakukan. Khususnya di tempat-tempat hiburan malam yang disinyalir jadi sarang peredaran narkoba.

"Operasi terus kami lakukan di klub-klub malam dan tempat-tempat peredaran narkoba. Kami juga lakukan sosialisasi sesuai arahan dan petunjuk Bapak Kapolda Riau dalam upaya pencegahan peredaran narkotika," kata Manang.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru