Suhu Panas 'Serang' Indonesia, Jangan Sampai Anak Kena Dehidrasi

- Jumat, 28 April 2023 12:12 WIB
Suhu Panas 'Serang' Indonesia, Jangan Sampai Anak Kena Dehidrasi
Istimewa
Ilustrasi

Menghindari terjadinya perburukan kondisi, semua orang tua wajib mengetahui apa saja gejala dari dehidrasi pada anak. Dituturkan dr. Himawan, umumnya anak yang mengalami dehidrasi tubuhnya akan demam, mengalami rasa haus dan ditambah kondisi mulut yang kering.

"Dehidrasi itu kan kekurangan cairan tubuh, dan terjadi pada anak-anak itu biasanya berupa demam kemudian mulutnya atau lidahnya jadi kering," tambahnya.

Selain tanda-tanda di atas, warna air seni anak juga patut diwaspadai oleh orang tua loh! Karena gejala dehidrasi ekstrem bisa terlihat dari sini.

"Namun pada kondisi yang ekstrem itu, bisa juga air seninya itu menjadi sedikit atau berwarna lebih pekat. Apabila anak dengan kondisi air seni yang lebih pekat itu tanda-tanda anak mengalami dehidrasi," jelas dr. Himawan

Sementara untuk gejala berat dari dehidrasi, anak bisa sampai hilang kesadaran pada anak atau mengalami diare.

"Kalau dehidrasinya berat apalagi sampai pingsan, itu harus segera ditangani di rumah sakit. Apalagi anak yang memiliki gejala yang lain, contohnya muntah-muntah atau diare, itu bisa menyebabkan dehidrasi jadi lebih berat," jelas dr. Himawan.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru