Kenali Ciri-ciri Introvert

- Senin, 24 April 2023 13:31 WIB
Kenali Ciri-ciri Introvert
Istimewa
Ilustrasi
bulat.co.id -.Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda. Secara umum, manusia dibedakan oleh dua jenis kepribadian, yaitu introvert dan ekstrovert. Introvert adalah orang yang berinteraksi lebih sedikit daripada ekstrovert yang senang bersosialisasi dengan banyak orang. Bagaimana ciri dan jenis introvert yang ada di dunia?

Dikutip dari detikHealth, Senin (24/4/2023), introvert adalah orang dengan kualitas tipe kepribadian introversi. Artinya, mereka merasa lebih nyaman fokus pada pemikiran dan gagasan batin daripada yang terjadi secara eksternal. Mereka menikmati menghabiskan waktu hanya dengan 1-2 orang daripada kelompok besar atau orang banyak.

Baca Juga:Temuan Baru Terkait Diabetes Tipe 2

Psikolog Carl Jung mulai menggunakan istilah introvert dan ekstrovert pada 1920-an. Kedua tipe kepribadian ini mengurutkan orang berdasarkan cara mereka mendapatkan atau menghabiskan energi. Jung mengatakan introvert beralih ke pikiran mereka sendiri untuk mengisi ulang energi. Sementara itu, ekstrovert mencari orang lain untuk kebutuhan energi mereka.

Ciri-ciri Introvert

Meski terlihat berbeda pada setiap orang, sebagian besar introvert memiliki pola perilaku yang sama. Berikut ciri-cirinya.

- Butuh ketenangan untuk berkonsentrasi
- Senang melakukan refleksi diri
- Memiliki kesadaran diri
- Meluangkan waktu untuk membuat keputusan
- Merasa nyaman sendirian
- Tidak suka kerja kelompok
- Lebih suka menulis daripada berbicara
- Merasa lelah setelah berada di keramaian
- Memiliki sedikit pertemanan, tetapi sangat dekat dengan mereka
- Melamun atau menggunakan imajinasi untuk menyelesaikan masalah
- Tenggelam ke dalam pikiran sendiri untuk beristirahat

Para ahli menemukan otak dari dua tipe kepribadian bekerja sedikit berbeda satu sama lain. Introvert memiliki aliran darah yang lebih tinggi ke lobus frontal daripada ekstrovert. Bagian otak ini membantu orang mengingat berbagai hal, memecahkan masalah, dan membuat rencana ke depan.

Otak introvert juga bereaksi berbeda terhadap dopamin yang mencari penghargaan dan kesenangan. Introvert dan ekstrovert memiliki jumlah dopamin yang sama, tetapi otak ekstrovert mendapat semangat dari pusat penghargaan mereka. Di sisi lain, introvert cenderung merasa lelah karenanya.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru