Asal Biskuit Khong Guan Ternyata Bukan Dari Indonesia

- Rabu, 19 April 2023 10:00 WIB
Asal Biskuit Khong Guan Ternyata Bukan Dari Indonesia
Istimewa

bulat.co.id - Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran tinggal menghitung hari. Di hari raya tersebut, ada satu biskuit kalengan yang biasanya tak asing dijumpai di setiap rumah. Ya, biskuit tersebut adalah Khong Guan.

Advertisement

Baca Juga:

Meskipun sangat terkenal di Indonesia, ternyata biskuit Khong Guan bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Singapura. Khong Guan sendiri sudah berdiri sejak 1947 dengan pabrik pertama di Jalan 18 Howard, Singapura.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Mengutip laman resmi khongguan.com, cikal bakal berdirinya Khong Guan ini bermula dari Chew Choo Keng dan Chew Choo Han, dua saudara imigran dari Fujian, Tiongkok yang pindah ke Singapura pada tahun 1935. Selanjutnya, mereka berdua bekerja di pabrik biskuit lokal.

Namun pada tahun 1940, Jepang menginvasi Singapura sehingga mereka berdua harus mengungsi ke Perak, Malaysia. Di sana, mereka menjual biskuit sampai akhirnya pasokan gula dan tepung menjadi langka. Akhirnya, mereka beralih profesi menjadi penjual garam dan sabun.

Dilansir dari detikcom, Selasa (19/4/2023), pada 1945 setelah Jepang pergi dari Singapura, kedua saudara ini kembali pindah ke Singapura. Dengan dukungan keluarga, mereka akhirnya kembali menjual biskuit.

Terobosan besar mereka datang ketika Chew Choo Han menemukan beberapa mesin pembuat biskuit tua dan rusak akibat perang yang dijual sebagai barang bekas dari pabrik lama tempat mereka kerja. Ia pun segera membelinya dan memperbaikinya. Ia memasang jalur produksi biskuit semi-otomatis menggunakan rantai sepeda untuk memindahkan biskuit pada sistem konveyor melalui oven bata.

Hingga akhirnya pada tahun 1947 Khong Guan Biscuit Factory (Singapore) Pte Ltd resmi berdiri. Sekitar tahun 1950 hingga 1960-an, Khong Guan melakukan ekspansi ke Malaysia.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru