Miss V Kering di Masa Menopause, Berikut Cara Mengatasinya

Miss V Kering di Masa Menopause, Berikut Cara Mengatasinya
- Rabu, 01 Maret 2023 23:40 WIB
Miss V Kering di Masa Menopause, Berikut Cara Mengatasinya
Foto: Istimewa
Ilustrasi vagina kering
bulat.co.id -Menopause akan dihadapi oleh setiap wanita yang sudah memasuki usia 50 tahun keatas. Sejumlah dampaknya pun akan turut serta menyertai wanita yang telah menopause. Mulai dari kehilangan gairah sex hingga kondisi vagina kering. Namun, tak menutup kemungkinan kondisi ini juga dialami oleh segala kalangan usia.

Vagina kering atau yang sering dikenal dengan atrofi vagina terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh. Penurunan kadar hormon estrogen menyebabkan berkurangnya juga kelembapan pada dinding vagina.

Selain saat menopause, perubahan hormonal pada masa kehamilan dan menyusui juga dapat menyebabkan perubahan pada kelembapan vagina.

Tak hanya itu, sejumlah pengobatan juga dapat menyebabkan penurunan kadar estrogen, seperti kemoterapi, terapi radiasi, gangguan imun, dan sebagainya. Di luar itu, penggunaan sabun, tampon, dan merokok juga dapat menjadi faktor pendukung.

Dikutip dari Very Well Health melalui detik, vagina yang kering dapat menimbulkan sejumlah gejala dan ketidaknyamanan, seperti rasa gatal atau rasa membakar. Kondisi ini juga dapat memicu seseorang menjadi lebih sering buang air kecil. Vagina yang kering juga dapat menimbulkan rasa sakit ketika berhubungan seksual.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru