Permen Karet Tidak Berbahaya Bagi Tubuh Jika?

- Selasa, 17 Januari 2023 09:30 WIB
Permen Karet Tidak Berbahaya Bagi Tubuh Jika?
Istimewa
Permen Karet
bulat.co.id -Selama ini, permen karet disebut-sebut berbahaya bagi tubuh jika tertelan. Benarkah? Dokter Gastroenterologi di Mayo Clinic Amerika Serikat, Elizabeth Rajan, MD, menegaskan bahwa permen karet yang telanjur tertelan tidak berbahaya bagi tubuh.

"Meskipun permen karet didesain untuk dikunyah dan tidak ditelan, umumnya tidak berbahaya jika tertelan. Jika Anda menelan permen karet, memang benar tubuh Anda tidak bisa mencernanya. Tapi permen karet tidak tinggal di perut Anda. Ini bergerak relatif utuh melalui sistem pencernaan Anda dan diekskresikan dalam kotoran Anda," terangnya, dikutip dari detikHealth.

Baca Juga:3 Cara Aman Minum Kopi Bagi Penderita Masalah Lambung

Meski begitu, Dr Rajan mengatakan pada kondisi tertentu seperti permen karet yang tertelan dalam jumlah besar dikombinasikan dengan sembelit bisa menyumbat usus pada anak-anak.

"Karena alasan inilah sering menelan permen karet harus dicegah, terutama pada anak-anak," imbuhnya.

Apa yang Terjadi Jika Terlanjur Menelan Permen Karet?
Jika secara tidak sengaja menelan permen karet, seseorang tidak perlu khawatir.

Meski tubuh tidak dapat mencerna permen karet, tetapi sepotong permen karet yang tertelan biasanya akan melewati sistem pencernaan dan keluar bersama kotoran sekitar 40 jam kemudian. Sama seperti hampir semua makanan lain yang biasa dimakan.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru