Vape Bisa Sebabkan 'Popcorn Lung'

- Minggu, 15 Januari 2023 18:00 WIB
Vape Bisa Sebabkan 'Popcorn Lung'
Istimewa
Paru-paru
bulat.co.id -Beberapa orang menganggap rokok elektrik dan vape sebagai alternatif untuk berhenti merokok konvensional. Faktanya, spesialis paru dari RS Paru Persahabatan dr Erlina Burhan, mengungkapkan menghirup rokok elektrik sebanyak 30 kali sama seperti merokok sebatang.

"Kandungan nikotin sekali hisap itu ada nol sampai 35 mikrogram nikotin. Namun, perlu diperhatikan, saat seseorang menghirup 30 kali hisapan itu bisa mencapai kadar nikotin 1 miligram," ujar Erlina dalam media briefing bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Sabtu (14/1/23).

Baca Juga:Si Kecil yang Berkhasiat, Asam Urat Hilang Selamanya dengan Ketumbar

Artinya, penggunaan rokok elektrik dan vape berdampak buruk bagi paru-paru. Dikutip dari Hopkins Medicine, para ahli memiliki teori bagaimana rokok elektrik bisa merusak paru-paru.

"Vaping adalah sistem pengiriman yang mirip dengan nebulizer, yang mungkin akrab dengan penderita asma atau kondisi paru-paru lainnya," kata Stephen Broderick, ahli bedah kanker paru-paru di Johns Hopkins, dilansir dari detikHealth, Minggu (15/1/2023).

Vape melapisi paru-paru dengan bahan kimia yang berpotensi berbahaya, ramuan e-liquid biasanya mencakup beberapa campuran perasa, aditif aromatik, dan nikotin atau THC (zat kimia dalam ganja yang menyebabkan efek psikologis).

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru