3 Cara Aman Minum Kopi Bagi Penderita Masalah Lambung

3 Cara Aman Minum Kopi Bagi Penderita Masalah Lambung
- Jumat, 13 Januari 2023 13:22 WIB
3 Cara Aman Minum Kopi Bagi Penderita Masalah Lambung
Foto: fadquip
Ilustrasi Cara Aman Minum Kopi Bagi Penderita Masalah Lambung
bulat.co.id -Udah pada ngopi belum, begitulah kalimat yang sering diucapkan dalam pergaulan sehari-hari kita. Namun tahu kah anda, bahwa kandungan kafein yang ada di dalam kopi memliki dampak buruk bagi penderita gangguan lambung seperti maag dan Gerd.

Kafein memiliki kerja dengan menstimulasi dan merangsang sistem saraf yang menyebabkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh.

Selain itu, mempengaruhi sekresi cairan lambung dan mengurangi penyerapan nutrisi dari makanan. Asupan kafein yang berlebihan juga dapat mengendurkan otot esofagus dan mengiritasi dinding lambung sehingga gejala maag mudah kambuh.

Dilansir dari en.wagner-healthcare.com dan bronniebakes.com, memberikan tips-tips bagaimana penderita maag dapat tetap menikmati secangkir kopi tanpa harus menderita.

Tips minum kopi bagi penderita maag

1. Pilih jenis kopi yang tidak asam


Tidak semua kopi itu sama. Tergantung pada metode pengolahannya, beberapa biji kopi mengandung lebih sedikit kafein dan rasanya kurang asam. Semakin lama biji kopi disangrai, rasanya akan semakin asam, kandungan kafeinnya semakin tinggi, dan warnanya akan semakin gelap. Itu sebabnya kamu harus memilih kopi arabika yang rasanya sedikit manis dan lembut. Kandungan kafeinnya juga hanya sekitar 1,2% dibandingkan kopi Robusta yang memiliki kafein 2,2%.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru