Kriminalitas Online Berpotensi Meningkat Tahun Ini, Masyarakat Diminta Waspada

- Senin, 09 Januari 2023 17:00 WIB
Kriminalitas Online Berpotensi Meningkat Tahun Ini, Masyarakat Diminta Waspada
Istimewa
Ilustrasi
Senior Consultant Sharing Vision,Dicky Wizanajanimengungkapkan bahwa kedua survei menunjukkan benang merah hampir serupa terutama untuk perbankan digital. Sekalipun jauh usianya dari perbankan konvensional, nasabah digital banking Indonesia per 2022 sudah 81 juta orang.

"Tahun ini kami perkirakan mencapai 100 juta pengguna. Ketika digitalisasi kian menyeruak, otomatis resiko pun akan meningkat. Bahkan sudah sy temukan ada kelompok 20-40 orang yang profesinya bidang cyber crime khususnya untuk perbankan dan pembayaran ini. Mereka sindikat ahli," katanya.

Kedua survei menemukan bahwa situasi ini tak terlepas dari betapa lekatnya masyarakat Indonesia di dunia maya, manakala 60% responden mengaku bahwa hampir separuh dari 24 jam hidupnya, digunakan berinteraksi di internet.

Responden yang menggunakan mobile banking lebih dari 10 kali per bulan, tumbuh 150% dalam setahun terakhir. Sebanyak 26% responden pernah membuka rekening di bank digital, 5% responden pernah mendaftar aplikasi kartu kredit secara daring, dan 94% responden telah menggunakan e-money.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru