Kemenkes Siapkan 14.641 Pos Kesehatan di Jalur Mudik

- Jumat, 23 Desember 2022 09:00 WIB
Kemenkes Siapkan 14.641 Pos Kesehatan di Jalur Mudik
Istimewa
Posko Kesehatan
bulat.co.id -Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi akan terjadi lonjakan mobilisasi masyarakat. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan 14.641 pos kesehatan di jalur mudik Nataru.

Langkah ini sebagai kesiapsiagaan sektor kesehatan, serta upaya pencegahan dan pengendalian penyakit Covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes, dr. Yanti Herman.

"Menghadapi libur Nataru tahun ini, sejumlah fasyankes telah kami siagakan di seluruh jalur mudik. Total ada sekitar 14.641 sarana kesehatan sudah kami siapkan, terdiri dari 901 Pos Kesehatan, 10.321 Puskesmas, 3.117 RS, 51 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 251 Public Safety Center (PSC) 119," ujar dr. Yanti dalam Sehat Negeriku laman Kemenkes, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga:Waspada Flu Unta di Piala Dunia 2022

Dalam hal ini, Kemenkes melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia, dan melakukan koordinasi lintas sektor dengan kementerian/Lembaga terkait seperti Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kementerian PUPR, Badan Pengatur Jalan Tol, Jasa Raharja, dan K/L terkait.

Pelayanan kesehatan selama mobilisasi masyarakat menghadapi liburan Nataru, Kemenkes menyediakan pengobatan penyakit sehari-hari, penyakit akibat perjalanan, tindakan kesehatan pada kecelakaan lalu lintas, serta melakukan surveilans kesehatan untuk mengantisipasi potensi adanya kejadian luar biasa.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru