Kenali Jenis-jenis Suspensi Mobil, Pilih yang Lebih Nyaman

Andy Liany - Rabu, 04 September 2024 09:35 WIB
Kenali Jenis-jenis Suspensi Mobil, Pilih yang Lebih Nyaman
net
Ilustrasi.

Oiya, tekonologi suspensi yang paling terkini atau bagus saat ini adalah jenis suspensi udara. Jenis ini sudah disematkan pada bis yang sudah Euro 4 dan mobil-mobil kelas Premium.

Advertisement

Jenis-jenis Suspensi Mobil

Nah, berikut ini ada beberapa jenis suspensi yang populer dan banyak dipakai untuk mobil masa kini, simak:​​​​​​​

Baca Juga:

MacPherson Strut


Nama jenis suspensi ini diambil dari nama penemunya, yaitu Earle MacPherson.

Suspensi MacPherson Strut menjadi jenis yang paling umum digunakan pada saat ini.

Biasanya ditemukan pada mobil sedan atau Low MPV, seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Honda City Hatchback, New Mazda CX 5, KIA Sonet dan lain-lain.

Walau termasuk jenis suspensi paling sederhana, namun kenyamanan yang diberikan tetap baik dalam meredam getaran ketika melewati jalan dan menginjak lubang.

Kelebihan suspensi MacPherson Strut meliputi desain konstruksi yang sederhana dan ringan, memiliki ruang efektif, serta mempunyai beban gerak lebih ringan hingga pengalaman berkendara lebih sempurna.

Double Wishbone


Double Whisbone merupakan jenis suspensi yang memiliki dua buah lengan atau arm sebagai penopang, yaitu upper arm dan lower arm.

Dengan suspensi ini, mobil bisa berjalan dengan halus dan lebih stabil.

Suspensi jenis ini juga memiliki desain yang independen, sehingga sudut belokan dan pergerakan suspensi tidak akan berpengaruh terhadap sudut geometri, karena sudutnya akan tetap konstan.

Model suspensi ini seperti disematkan pada Toyota New Kijang Innova, All New Mitsubishi Pajero, KIA Seltos dan sebagainya.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru