Kenali Jenis-jenis Suspensi Mobil, Pilih yang Lebih Nyaman

Andy Liany - Rabu, 04 September 2024 09:35 WIB
Kenali Jenis-jenis Suspensi Mobil, Pilih yang Lebih Nyaman
net
Ilustrasi.
bulat.co.id - Ada berbagai macam jenis suspensi yang saat ini digunakan pada kendaraan roda empat alias mobil.

Masing-masing memiliki struktur dan cara kerja yang berbeda.

Advertisement

Tapi sebelum kita masuk pada pembahasan, kenali dulu komponen utama pada kaki-kaki sebuah mobil, yaitu sokbreker dan per yang dibantu komponen lain seperti strut, lower arm, upper arm, dan stabilizer.

Baca Juga:

Fungsi dari sokbreker atau shock absorber yakni untuk meredam guncangan atau hentakan saat mobil bergerak, baik di jalan mulus atau bergelombang.

Cara kerjanya, shockbreaker meredam atau menahan daya pental pada per. Dengan kata lain beban dari guncangan sebenarnya ada di per, namun biar tidak over, maka diredam oleh sokbreker.

Nah, sokbreker, per dan komponen pendukungnya tadi terangkum dalam suatu konstruksi yang kita kenal dengan sebutan sistem suspensi.

"Konstruksinya ini beragam, tapi fungsinya sama, yaitu untuk memberi kenyamanan berkendara. Meski cara kerjanya berbeda," buka Agung Pariyana, Service Manager Mazda Bintaro, Tangsel.

Kombinasi dari komponen kaki-kaki inilah yang menghasilkan handling dan kenyamanan yang mumpuni pada sebuah mobil.

Macam-macam konstruksi atau jenis suspensi tersebut dapat disematkan pada semua tipe mobil baik MPV, SUV atau sedan sekalipun.

"Misalnya satu merek mobil menggunakan jenis suspensi MacPherson Strut, yang bisa disematkan pada tipe mobil MPV, sedan atau SUV."

"Kuncinya apa yang ingin dicari dari penyematan satu jenis suspensi pada tipe mobil tersebut. Kekuatan kah, kenyamanan, handling atau ketiga-tiganya?" jelas Agung.

Selain MacPherson Strut, ada juga jenis suspensi lainnya yang tentu penyematannya pada tiap mobil juga mempertimbangkan berbagai faktor tadi.

Dan pastinya beragam jenis suspensi ini dari tahun ke tahun akan mengalami perkembangan teknologi, yang ujung-ujungnya bermuara pada adanya penambahan biaya.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru