RS Adam Malik Medan Dorong RSUD Jalankan Transformasi Kesehatan

Andy Liany - Jumat, 19 Juli 2024 19:02 WIB
RS Adam Malik Medan Dorong RSUD Jalankan Transformasi Kesehatan
istimewa
RS Adam Malik Medan Dorong RSUD Jalankan Transformasi Kesehatan
bulat.co.id - Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) terus mendorong rumah sakit umum daerah (RSUD) untuk siap menjalankan transformasi kesehatan, terutama rujukan layanan prioritas.

Salah satunya dengan membekali setiap RSUD melalui seminar ilmiah tentang layanan prioritas.

Kegiatan ini sekaligus digelar dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) RSUPHAM ke-31 di Gedung Menara Mandiri, Medan, Jumat (19/07/2024).

Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Sunarto mengingatkan bahwa sebagai RS vertikal di bawah Kementerian Kesehatan, RSUPHAM memiliki tiga tugas besar.

Selain terus berusaha memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, juga harus mampu menjadi RS pengampu, baik di tingkat nasional maupun regional, serta menjadi pusat pendidikan dan pusat penelitian terbaik.

"RS Adam Malik sebagai RS vertikal tidak boleh bagus sendiri harus mampu menjadi pengampu nasional dan pengampu regional. Dalam hal RS Adam Malik diampu oleh pengampu nasional untuk beberapa layanan, maka juga harus bisa menjadi pengampu regional dengan mengampu RSUD di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya dalam layanan prioritas," ungkapnya secara daring dari Jakarta.

Sementara itu Direktur Utama RSUPHAM dr Zainal Safri MKed(PD) SpPD-KKV SpJP(K) menyampaikan bahwa pihaknya sebagai pengampu regional terus berupaya mengoptimalkan jejaring RS, agar dapat menciptakan pemerataan layanan rujukan di daerah.

"Kita semua terhubung oleh transformasi kesehatan. Kami ingin berbagi agar kita bisa tumbuh bersama. Kami bisa membantu RSUD untuk bisa lebih cepat memiliki SDM yang tepat," ucapnya.

Dalam seminar ilmiah ini sendiri dipaparkan tentang lima layanan prioritas, yang disampaikan oleh masing-masing tim pengampuan layanan dari RSUPHAM.

Advertisement
Baca Juga:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru