Resep Es Krim Anti Meleleh Meski Cuaca Panas, Cukup Pakai Bahan Rahasia Ini

Andy Liany - Minggu, 14 Juli 2024 12:04 WIB
Resep Es Krim Anti Meleleh Meski Cuaca Panas, Cukup Pakai Bahan Rahasia Ini
net
Ilustrasi.
bulat.co.id - Menikmati es krim di cuaca panas memang begitu nikmat. Namun sayang, kebanyak es krim cepat meleleh terlebih di cuaca panas.

Kini, tak perlu khawatir karena baru-baru ini ilmuwan menemukan resep agar es krim tidak cepat meleleh, cukup dengan menambahkan satu bahan 'rahasia'.

Advertisement

Para peneliti di Universitas Wisconsin-Madison menemukan bahwa menambahkan polifenol ke dalam es krim secara drastis bisa memperlambat proses pencairan.

Baca Juga:

Alhasil, es krim dan makanan penutup lainnya yang disajikan beku tetap padat selama berjam-jam pada suhu ruang.

"Kami mengetahui bahwa menambahkan polifenol ke es krim dapat menghasilkan produk yang dapat mempertahankan bentuknya selama lebih dari empat jam pada suhu kamar. Itu seperti es krim yang tidak meleleh," ungkap Cameron Wicks, mahasiswa dan peneliti di UW-Madison, dilansir ZME Science.

Sekilas tentang Polifenol

Polifenol merupakan antioksidan alami dan senyawa anti-inflamasi yang dapat ditemukan dalam buah-buahan seperti buah beri, ceri, dan apel.

Selain itu juga bisa ditemukan dalam sayuran seperti bayam, wortel, kubis merah, dan bawang merah, biji-bijian seperti kenari, almond, dan biji chia, serta dalam teh hijau, teh hitam, dan banyak rempah, termasuk kayu manis dan oregano.

Senyawa tersebut juga diketahui memiliki beberapa manfaat kesehatan, di antaranya bisa mencegah pembentukan bekuan darah, menjaga kadar gula darah tetap terkendali, menghilangkan bakteri usus yang berbahaya, meningkatkan fungsi otak, dan bahkan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Proses Penelitian Es Krim Anti Leleh

Dalam penelitiannya, Wicks memperhatikan bahwa menambahkan polifenol pada es krim meningkatkan kekentalan dan viskositasnya.

Menurut Wicks, hal ini terjadi karena polifenol berinteraksi dengan protein yang mengelilingi molekul lemak dalam es krim.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru