Pelatihan Kader Posyandu, Bupati Sergai : Maksimalkan Peran Pelayanan Kesehatan Untuk Masyarakat

Yusnar - Senin, 03 Juni 2024 19:20 WIB
Pelatihan Kader Posyandu, Bupati Sergai : Maksimalkan Peran Pelayanan Kesehatan Untuk Masyarakat
Yusnar
Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H Darma Wijaya di tengah-tengah kegiatan Pelatihan Kader Posyandu
bulat.co.id -Posyandu dianggap sangat penting dalam mewujudkan partisipasi masyarakat. Namun, keberadaan dan kesinambungan program Posyandu juga memerlukan dukungan dari pemerintah.

Oleh karena itu, berbagai kegiatan dan program yang telah dilaksanakan, serta kebijakan yang telah dibuat bertujuan untuk menjaga agar Posyandu tetap eksis dan menjadi gerbang terdepan pemberdayaan masyarakat.

Advertisement

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H Darma Wijaya di tengah-tengah kegiatan Pelatihan Kader Posyandu yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak Perberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Serdang Bedagai di Aula Sultan Serdang, Sei Rampah pada hari Senin, tanggal 3 Juni 2024.

Baca Juga:

Menurut Bupati, peningkatan peran dan fungsi Posyandu menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk para Kader Posyandu. Peran Kader sangat penting dalam penyelenggaraan Posyandu, karena selain memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat, Kader juga harus menjadi penggerak yang bisa mengajak masyarakat datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Peningkatan kapasitas Kader Posyandu sangatlah penting, untuk memberikan pengetahuan tentang tugas dan peran mereka, sehingga Posyandu bisa menjadi lebih baik. Kader Posyandu juga harus berperan aktif sebagai perpanjangan tangan Puskesmas dalam memantau tumbuh kembang anak, sehingga dapat menciptakan generasi muda yang lebih produktif," ujar Bupati.


Bupati berharap para Kader Posyandu dapat secara maksimal memainkan perannya dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, Kader Posyandu juga harus mampu mengontrol kehamilan pada ibu agar bayi yang dihasilkan memiliki nutrisi yang baik dan tidak mengalami stunting.

"Semoga para kader yang mengambil bagian dalam kegiatan pelatihan ini dapat menjadi fasilitator dan dinamisator dalam kegiatan Posyandu di setiap desa atau kelurahan, sehingga kualitas pelayanan Posyandu akan semakin meningkat, dan masyarakat kita selalu menerapkan perilaku hidup sehat. Dengan upaya penyehatan lingkungan, keluarga yang sadar gizi, dan yang tak kalah penting adalah kesehatan ibu, bayi, dan anak balita," imbuh Bupati.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sergai, Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, mengatakan bahwa PKK terus berupaya meningkatkan kiprahnya dan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama untuk perempuan dan anak.

"Kita tahu bahwa Posyandu hadir dengan dukungan pemerintah sebagai perwujudan partisipasi masyarakat. Melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan seperti Posyandu, Posyandu tetap eksis dan menjadi gerbang terdepan dalam pemberdayaan masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Ny Hj Aini Zetara Adlin Tambunan menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas Kader Posyandu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya untuk ibu dan balita. Kegiatan dihadiri oleh 136 orang Kader Posyandu yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Sergai.

Turut hadir dalam acara tersebut para Narasumber, jajaran/Pengurus TP PKK Kabupaten Sergai, Staf Ahli Bupati Kahar Efendi, S.Sos, Kepala OPD, dan undangan lainnya.

Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru