Kerjasama dengan Arab Saudi, RSUP Adam Malik Sukses Lakukan 10 Operasi Bedah Jantung dalam Waktu Sepekan

Andy Liany - Selasa, 28 Mei 2024 14:34 WIB
Kerjasama dengan Arab Saudi, RSUP Adam Malik Sukses Lakukan 10 Operasi Bedah Jantung dalam Waktu Sepekan
istimewa
RSUP H Adam Malik Medan
bulat.co.id - Dalam waktu sepekan, RSUP Adam Malik Medan dan King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief), Arab Saudi, berhasil melakukan operasi bedah jantung kepada 10 pasien.

Selain itu, 31 pasien juga menjalani intervensi nonbedah kateterisasi jantung dalam periode pertama program ini.

Advertisement

Direktur Utama RSUP Adam Malik dr Zainal Safri mengatakan, pihaknya mendapatkan banyak pembelajaran dari program kerja sama tersebut.

Baca Juga:

Salah satunya, program ini melibatkan proses transfer ilmu pengetahuan dan peningkatan keterampilan, sehingga ke depan dapat meningkatkan pelayanan dalam penanganan penyakit jantung.

"Seperti operasi bentall, itu tingkat lanjut dan tim medis mendapatkan pembelajaran dari tim dokter Arab Saudi ini," katanya melansir Antara, Selasa (28/5/2024).

Ketua Tim Pengampuan Layanan Kardiovaskular RSUP Adam Malik dr Faisal Habib SpJP(K) FIHA menjelaskan, program kerja sama ini memberikan alih teknologi kepada tim medis.

"Selama ini kami sudah rutin melakukan kasus-kasus bedah jantung, sekarang ingin lebih tingkat lanjut, bagaimana operasi bedah jantung ini tidak lagi harus membuka seluruh dada, tetapi hanya potongan kecil di dada, inilah proses alih teknologinya," ujarnya.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru