Ternyata Ini Apa Penyebab Langit dan Laut Terlihat Berwarna Biru di Mata Manusia

Redaksi - Selasa, 27 Februari 2024 09:00 WIB
Ternyata Ini Apa Penyebab Langit dan Laut Terlihat Berwarna Biru di Mata Manusia
Istimewa
Advertisement
Jawabannya adalah karena mata. Dilansir dari Big Think, mata manusia memiliki 3 jenis kerucut untuk menangkap warna bersama batang monokromatik. Sinyal dari empat sel ini merespon lebih kuat ke cahaya biru, sian, dan hijau dari pada warna ungu.

Baca Juga:
Cahaya ungu dalam putih Matahari tidak cukup kuat untuk menyaingi warna biru yang ditangkap retina, sehingga membuat langit tampak biru di mata kita.

Pada situasi tertentu langit tidak tampak biru, seperti saat siang hari ketika Matahari tepat di atas kepala dan ketika seluruh langit terlihat putih. Namun, keadaan ini terjadi ketika cahaya Matahari menempuh jarak pendek melalui atmosfer sehingga penyebarannya sangat sedikit, termasuk cahaya biru.

Cahaya Matahari dapat terlihat biru kembali ketika menyebar lebih banyak lketika mencapai partikel udara dalam jarak yang lebih jauh. Namun, ketika Matahari berada di posisi rendah di langit, cahaya biru tidak lagi terlihat karena telah tersebar jauh.

Michael Kruger dari Universitas Missouri, memberi gambaran yakni saat Matahari terbenam terdapat lebih banyak atmosfer yang harus dilalui cahaya. Maka dari itu, satu-satunya cahaya berwarna yang terlihat adalah merah, warna dengan ukuran gelombang yang lebih panjang.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru