Kamu Harus Tahu, Ini 7 Sayuran yang Baik Bagi Penderita Diabetes

Redaksi - Sabtu, 18 November 2023 10:30 WIB
Kamu Harus Tahu, Ini 7 Sayuran yang Baik Bagi Penderita Diabetes
Istimewa
Sayuran yang baik bagi penderita diabetes

bulat.co.id -MEDAN | Selain menjaga pola makan, pengidap diabetes juga harus pandai memilih jenis makanan harus dikonsumsi. Sebab, tidak semua jenis makanan baik bila dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Advertisement

Salah memilih makanan, dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain memilih makanan, pengidap diabetes juga harus tahu sayuran apa saja yang baik dikonsumsi dan dapat menjaga kesehatan penderita diabetes.

Lalu sayuran apa saja yang dapat di konsumsi dan bagus untuk penderita diabetes?

1. Tomat
Sayuran yang satu ini mengandung lycopene tinggi, merupakan senyawa yang dapat menurunkan resiko penyakit seperti jantung dan kanker tertentu, serta membantu mengontrol kadar glukosa darah.

2. Timun
Timun merupakan sayuran yang tinggi air dan dapat membantu kita tetap terhidrasi. Dalam jurnal Molecules 2022 menemukan tanaman keluarga Cucurbitaceae yang termasuk mentimun dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.

3. Selada
Semua jenis selada memiliki tinggi serat dan air serta terdapat Vitamin K, yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Selada juga dapat membantu memperlambat penyerapan sehingga berkontribusi pada pengendalian gula darah.

4. Wortel
Wortel merupakan makanan yang memiliki serat tinggi dan mengenyangkan serta kaya akan vitamin A yang membantu kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Dengan serat wortel dapat membantu merasa kenyang dan bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes.

5. Brokoli
Sayuran yang satu ini memiliki prebiotik. Serat prebiotik yang difermentasi oleh bakteri usus dapat membantu berkembang hingga memiliki manfaat dalam metabolisme glukosa dan kolestrol.

6. Kubis atau Kol
Jika kamu penderita diabetes dan membutuhkan Vitamin C kamu bisa memasukkan kol sebagai menu sayuran yang kamu konsumsi untuk mendapatkan Vitamin C. Menurut tinjauan 2020 di jurnal Antioksidan, Kol banyak mengandung serat yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

7. Bayam
Bayam sangat padat nutrisi dan rendah kalori dan juga kaya akan zat besi yang merupakan kunci dari aliran darah sehat. Menurut studi 2020 di Jurnal Nutrisi, bayam mengandung membran yang disebut tilakoid. Tilakoid tersebut dapat membantu untuk sensitivitas insulin.

Baca Juga:
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru