Jarang Diketahui, Ini 13 Khasiat Air Rebusan Kayu Manis bagi Kesehatan

Redaksi - Jumat, 28 Juli 2023 18:15 WIB
Jarang Diketahui, Ini 13 Khasiat Air Rebusan Kayu Manis bagi Kesehatan
internet

8. Mengatasi luka kronis

Senyawa antimikroba dalam minuman sehat ini efektif membantu mengatasi luka kronis. Guna mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mencampurnya denganpeppermint. Gabungan keduanya mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Advertisement

9. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kayu manis mengandungCinnamaldehyde, senyawa yang mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, senyawa tersebut juga mampu meningkatkan fungsi normal jantung.

Baca Juga:

Studi dalamCritical Reviews in Food Science and Nutritionmenyebutkan, mengonsumsi setidaknya 1,5 gram atau sekitar ¾ sendok teh kayu manis setiap hari mampu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat dalam tubuh. Alhasil, potensi penyakit kardiovaskular bisa menurun.

10. Mencegah multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit yang berpotensi melumpuhkan sistem saraf pusat, otak, dan sumsum tulang belakang manusia. Namun, tingkat keparahan penyakit ini dapat menurun dengan mengonsumsi air rebusan kayu manis. .

Sifat antiinflamasi tanaman ini dapat menurunkan intensitas gangguan. Selain itu, rempah tersebut juga dapat melindungi sel T regulator yang berperan dalam mengatur kekebalan tubuh.

11. Mengatasi masalah lambung

Tak ketinggalan, tanaman herbal ini juga efektif meredakan gejala gastritis atau peradangan dinding lambung. Namun, pengidapnya juga perlu menghindari makanan pedas, berlemak, berminyak, dan asupan kafein yang berlebihan.

Tak hanya kayu manis, kamu juga bisa memanfaatkan akar manis atau licorice untuk mengatasi masalah lambung. Cek lebih lengkap dalam artikelMengungkap Manfaat Licorice untuk Mengatasi Asam Lambung.

12. Menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif

Studi dalamPharmacological Researchmenyebutkan, senyawa tertentu yang terdapat dalam kayu manis efektif menghambat penumpukan protein otak. Ini merupakan salah satu ciri penyakit Alzheimer.

Selain itu, studi lain juga menyebutkan, kayu manis membantu melindungi neuron, menormalkan tingkat neurotransmitter, dan meningkatkan fungsi motorik. Namun, perlu adanya studi klinis lanjutan pada manusia.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru