TNI AU Kerahkan Dua Unit Pesawat C212 Untuk Teknologi Modifikasi Cuaca Saat KTT ASEAN Berlangsung

Ven Darung - Selasa, 09 Mei 2023 17:30 WIB
TNI AU Kerahkan Dua Unit Pesawat C212 Untuk Teknologi Modifikasi Cuaca Saat KTT ASEAN Berlangsung
Istimewa

bulat.co.id -Dua Unit Pesawat C212 untuk Teknologi Modifikasi Cuaca Saat KTT ASEAN disiapkan Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsekal Madya TNI M. Tonny Harjono.

Advertisement

Hal itu dilakukan untuk melaksanakan teknologi modifikasi cuaca guna mendukung pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga:

"Jadi, memang selain pesawat tempur dan pesawat Hercules, kami juga siapkan dua unit pesawat untuk modifikasi cuaca," kata Selasa (9/5/2023).

Ia menambahkan, dua unit pesawat C212 itu kini siaga di Bandara Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, untuk mengamati cuaca di daerah sekitar.

"Pelaksanaan TMC (teknologi modifikasi cuaca) ini bertujuan agar kegiatan KTT ASEAN tidak terhambat karena adanya perubahan cuaca," tambahnya.



Tonny menerangkan kehadiran TNI AU tidak hanya dalam pengamanan wilayah udara, tetapi juga untuk hal-hal lain, salah satunya adalah modifikasi cuaca. Ia pun berharap pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo dapat berjalan dengan aman dan damai serta tidak ada gangguan apa pun.

Pihaknya juga menempatkan tiga unit pesawat tempur jenis F-16 di Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur dalam rangka pengamanan wilayah udara KTT ASEAN di Labuan Bajo. Kedatangan sejumlah pesawat tempur tersebut merupakan perintah dari Panglima TNI Angkatan Udara menggelar beberapa kekuatan udara untuk mengamankan wilayah udara di sekitar Labuan Bajo.

Untuk penempatan pesawat tempur tersebut tidak hanya berada di Lanud El Tari Kupang, namun ada juga di Lanud Madiun dengan jenis pesawat tempur yang disiagakan adalah jenis Sukhoi.

"Untuk pengamanan dan antisipasi berbagai hal yang dibutuhkan di Labuan Bajo, kami siapkan tiga unit pesawat hercules dan dua unit helikopter Karacal untuk tamu VIP," ujar Tonny.



Tonny juga berharap masyarakat di Labuan Bajo dan sekitarnya tetap menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut. "Ini adalah kegiatan internasional sehingga mari kita sukseskan acara KTT ASEAN ini, dan menjaga sama-sama sehingga berjalan aman dan lancar," tuturnya.

Halaman :
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru