Pelatihan Midwifery Update Digelar, Pemkab Flotim Harap para Bidan Tingkatkan Kompetisi Mutu Pelayanan

- Jumat, 07 Oktober 2022 18:06 WIB
Pelatihan Midwifery Update Digelar, Pemkab Flotim Harap para Bidan Tingkatkan Kompetisi Mutu Pelayanan
Pelatihan Midwifery Update Digelar di Flores Timur - (Foto: Istimewa)

bulat.co.id - Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Flores Timur Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Abdur Razak Jakra, SH, membuka dengan resmi kegiatan Pelatihan Midwifery Update bagi para Bidan se-Kabupaten Flores Timur Gelombang I Tahun 2022, Jumat (7/10/2022), bertempat di Aula Koperasi Karikes Larantuka.

Advertisement

Kegiatan yang digelar oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Flores Timur ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur, dr. Agustinus Ogie Silimalar, Pejabat Yang Mewakili Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maria Ernestin, S.ST, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Flores Timur, Joria Parmin, S.ST., M.Keb dan para Bidan peserta pelatihan Midwifery Update.

Baca Juga:

Asisten Sekda Kabupaten Flores Timur Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Abdur Razak Jakra,SH, menyampaikan bahwa bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan strategis yang memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan kebidanan dalam meningkatkan status kesehatan ibu dan anak, khususnya kesehatan reproduksi perempuan, tumbuh kembang bayi dan balita. 

Penjabat Bupati Flotim menghimbau semua bidan yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Flores Timur untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan melalui pendidikan, baik formal maupun nonformal sesuai dengan standar kesehatan, sehingga angka kematian ibu dan angka kematian bayi dan stunting benar-benar dapat diturunkan khususnya di Kabupaten Flores Timur. 

“Saya berharap agar seluruh bidan yang tergabung dalam wadah IBI Cabang Flores Timur mampu menjaga mutu serta meningkatkan ketrampilan dan kompetensi bidan sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas terhadap Ibu, Bayi, Balita dan Kesehatan Reproduksi termasuk Pelayanan Keluarga Berencana, dan para bidan juga diharapkan dapat berperan aktif serta bekerja sama dengan organisasi profesi kesehatan lainnya, dinas-dinas terkait, PKK, organisasi wanita, kader kesehatan, tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat serta Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan khususnya pada kesehatan ibu dan anak di wilayah Kabupaten Flores Timur,” harap Penjabat Bupati Flotim dalam sambutannya yang dibacakan Abdur Razak.

Pada kesempatan yang sama, Ester N. Keran, S.Tr.Keb selaku Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan Midwifery Update (MU) gelombang I Tahun 2022 bagi para bidan di Kabupaten Flores Timur dalam laporannya menyampaikan beberapa tujuan penting yang ingin dicapai dalam penyelengaraan pelatihan.

“Tujuan umum diselenggarakannya pelatihan ini adalah untuk menjaga mutu serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi bidan sehingga dapat memberikan pelayanan berkualitas terhadap Kesehatan ibu, bayi, balita dan kesehatan reproduksi termasuk pelayanan keluarga berencana sesuai dengan perkembangan terkini berdasarkan evidence based practice. Sedangkan tujuan khusus dari pelatihan ini adalah peserta dapat memahami perkembangan tentang profesi bidan, kebijakan dan peraturan terkait profesi bidan di Indonesia, etikolegal dalam pelayanan kebidanan, pelayanan antenatal, asuhan kegawat-daruratan maternal dan neonatal, asuhan nifas, pelayanan keluarga berencana, asuhan bayi baru lahir, simulasi deteksi intervensi dini neonatus, bayi, dan balita serta pencegahan infeksi,” jelas Ester Keran. 

Di akhir laporannya Ketua Panita Penyelengara Pelatihan, Ester Keran menjelaskan bahwa sasaran dari pelatihan Midwifery Upadate ini adalah seluruh anggota Ikatan Bidan Indonesia yang akan melakukan Re-Registrasi pada IBI Cabang Flores Timur, dan kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 176 Bidan yang dibagi dalam 3 gelombang selama 3 hari. 

(YP)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru