Festival Pangan Lokal Wujud Pengembangan UMKM

- Minggu, 28 Agustus 2022 12:07 WIB
Festival Pangan Lokal Wujud Pengembangan UMKM
Festival Pangan Lokal di Desa Bantala, Kecamatan Lewolema, Flores Timur, dihadiri Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi. (Foto: Istimewa)

bulat.co.id - Kegiatan Festival Pangan Lokal di Desa Bantala, Kecamatan Lewolema, Flores Timur, diharapkan menjadi jaanh untuk mewujudkan pengembangan ekonomi di masyarakat lokal.

Advertisement

Hal ini dijelaskan Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi, saat menyambangi lokasi, Sabtu (27/8/3023). Ia menambahkan, Festival Pangan Lokal diselenggarakan atas tujuan mulia, yakni meningkatkan rasa cinta pada produk pangan lokal.

Baca Juga:

"Seluruh peserta harus memahami apa yang berkaitan dengan pengolahan makanan lokal dengan menampilkannya secara baik, dan menguasai secara detail proses pengerjaan serta kandungan gizinya. Cara ini mampu mendorong peningkatan perekonomian masyarakat baik secara pribadi, komunitas maupun yang berbentuk UMKM," katanya

“Tujuan akhirnya sesungguhnya adalah sebagai ungkapan rasa cinta oleh apa yang sudah dihasilkan dari tanah leluhur kita sendiri," lanjut Doris Rihi.

Festival tidak hanya memamerkan jenis olahan pangan lokal, pun menggelar pelatihan mengenai pengolahan pangan lokal.

“Hasil pangan lokal dan hasil pengetahuan dari narasumber pelatihan bermanfaat bagi pengembangan ekonomi ke depannya. Harus ada upaya untuk menjadwalkan semua kegiatan festival. Nanti kita jadwalkan tanggal dan bulan berapa akan diadakan festival ini,” jelasnya.

Dia pun mendorong agar informasi seputar diadakannya festival semacam ini dapat diketahui oleh masyarakat umum juga wisatawan lokal dan manca negara.

 “Pola-pola promosi harus ditingkatkan,” tambahnya.

Dukungan Doris Rihi dalam meningkatkan UMKM dimulai sejak kegiatan UMKM Creative Weekend di lokasi PKL Weri (20/8/2022). (YP)

Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru