Harga Minyak Dunia Naik Lagi

- Rabu, 06 September 2023 12:45 WIB
Harga Minyak Dunia Naik Lagi
internet
Ilustrasi
bulat.co.id -JAKARTA | Harga minyak dunia naik lagi dalam perdagangan Asia pada Rabu, (6/9/2023).

Dilansir dari Reuters, kontrak berjangka minyak Brent tercatat naik sebesar 14 sen dan menyentuh angka 90,18 dollar AS per-barel pada pukul 02:15 waktu AS. Adapun kontrak berjangka minyak West Texas Intermediate (WTI) milik AS, naik sebesar 12 sen menjadi 86,81 dolar AS per-barel.

Mayoritas investor global awalnya mengharapkan langkah Arab Saudi dan Rusia sampai Oktober. Namun, situasi perpanjangan kontrak yang terjadi selama tiga bulan terakhir ternyata di luar dugaan.

Advertisement


Baca Juga:
Baca Juga :Temuan Jokowi Saat Berkunjung Ke Pasar Sukaramai Medan



"Peningkatan ini secara signifikan memperketat pasar minyak global dan hanya akan membuat harga minyak di seluruh dunia naik ," kata Wakil Presiden Senior Rystad Energy Jorge Leon dikutip dari Reuters, Rabu (6/9/2023).

Dia mengungkapkan akan sulit untuk memprediksi dampak dari pemotongan produksi minyak terhadap inflasi dan kebijakan ekonomi negara-negara Barat.

Namun, biasanya, kenaikan harga minyak yang tinggi akan mempengaruhi anggaran negara. Apalagi untuk mengendalikan inflasi, seperti yang dilakukan Amerika Serikat.

Karena kekhawatiran pasokan dalam jangka pendek, Rystad Energy pun memperkirakan permintaan minyak global akan melampaui pasokan sekitar 2,7 juta barel per-hari dalam kuartal berikutnya.


Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru