Dinas Koperasi UKM Sumut Dorong Pertumbuhan Koperasi Sektor Riil

Andy Liany - Rabu, 01 Mei 2024 08:03 WIB
Dinas Koperasi UKM Sumut Dorong Pertumbuhan Koperasi Sektor Riil
DISKOMINFO SUMUT
Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumut Naslindo Sirait menghadiri dan memberikan sosialisasi pembentukan koperasi kepada Komunitas Masyarakat Tani Tabur Tuai di Kelurahan Gurilla, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematangsiantar, Jumat (26/4).
bulat.co.id - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus mendorong pertumbuhan koperasi di sektor riil. Sehingga dapat berkembang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumut Naslindo Sirait saat hadir memberikan sosialisasi pembentukan koperasi kepada Komunitas Masyarakat Tani Tabur Tuai di Kelurahan Gurilla, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematangsiantar, Jumat (26/4).

Advertisement

Dalam paparannya, Naslindo menjelaskan, bagaimana persoalan-persoalan kesejahteraan petani di Indonesia, termasuk keterbatasan dalam hal permodalan, proses produksi, distribusi, dan pemasaran hasil pertanian, dapat dijawab melalui gerakan ekonomi berbasis kerakyatan seperti koperasi tani.

Baca Juga:

"Kelompok-kelompok tani sebaiknya jangan hanya berhenti sebagai kelompok tani saja, tetapi saya selalu mendorong agar kelompok-kelompok tani itu berkoperasi, sehingga badan hukumnya menjadi jelas, skala ekonominya bisa optimal, dan dengan demikian tidak mudah dikalahkan oleh pasar," ucapnya.

Naslindo juga menambahkan, bahwa Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumut, saat ini tengah gencar mendorong pertumbuhan koperasi yang bergerak di sektor riil, karena dinilai dapat langsung bersentuhan dengan kegiatan ekonomi masyarakat dan keberadaannya dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi.

Dalam kesempatan yang sama, Naslindo Sirait ikut serta mengunjungi lahan pertanian yang dikelola oleh Komunitas Masyarakat Tani Tabur Tuai untuk melakukan aksi penanaman perdana bawang merah, serta menyaksikan proses pembuatan pupuk kompos.

Ke depan, Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumut berkomitmen untuk mendampingi, mengarahkan, dan memfasilitasi pembentukan Koperasi Tani Tabur Tuai, hingga resmi berdiri serta berbadan hukum. Sehingga diharapkan dapat menjadi koperasi percontohan di Sumut di sektor produksi yang dikelola secara mandiri, profesional, dan mengadopsi teknologi.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru