US Dolar Kembali Menguat Terhadap Rupiah Jelang Pidato Gubernur Bank Sentral AS

Redaksi - Selasa, 02 Juli 2024 10:00 WIB
US Dolar Kembali Menguat Terhadap Rupiah Jelang Pidato Gubernur Bank Sentral AS
Antara
Dollar
bulat.co.id -MEDAN I Imbal hasil US Treasury 10 Tahun mengalami kenaikan di atas 4.4%. Disisi lain kinerja USD Index juga mengalami kenaikan dikisaran 105.86.

Menurut pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin, kinerja mata uang Rupiah berpeluang melemah berdasarkan dua indikator tersebut.

Advertisement

"Saya menilai mata uang rupiah berpeluang untuk melemah, meskipun masih akan berada di bawah level psikologis 16.400 per US Dolar," ujar Gunawan dalam relisnya, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga:

Pada sesi perdagangan pagi ini, mata uang rupiah melemah dikisaran level 16.365 per US Dolar. Pada perdagangan hari ini, Rupiah berpeluang untuk bergerak dalam rentang 16.350 hingga 16.390 per US Dolar.

Di waktu yang bersamaan, kinerja IHSG di sesi awal perdagangan pagi ini ditransaksikan menguat dikisaran level 7.160.

IHSG masih berada di zona hijau ditengah kinerja bursa di Asia yang bergerak variatif. Pelaku pasar tengah menanti pidato dari Gubernur Bank Sentral AS, yang baru akan memberikan dampak besar ke pasar keuangan di tanah air pada perdagangan besok.

Pidato tersebut menjadi sulit diproyeksikan karena bukan data kuantitatif, melainkan sebuah pendapat pejabat yang menentukan arah kebijakan suku bunga AS kedepannya.

Jika merujuk pada kinerja bursa saham yang menguat belakangan ini. Maka IHSG berpeluang mengalami koreksi teknikal karena telah memasuki area jenuh beli.

Sementara itu, mata uang rupiah msih menanti arah kebijakan The FED selanjutnya. Sementara itu, harga emas ditransaksikan menguat di kisasaran level $2.333 per ons troy nya.

Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru