Harga Beras Melambung, IKAPPI Nilai Stok Beras Nasional Kurang Memadai

- Kamis, 31 Agustus 2023 17:45 WIB
Harga Beras Melambung, IKAPPI Nilai Stok Beras Nasional Kurang Memadai
internet
Ilustrasi: Sejumlah pekerja sedang menyusun beras

bulat.co.id -JAKARTA | Kenakan harga berasdi pasaran masih terus terjadi. Berdasarkan data terkini dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), per tanggal 31 Agustus 2023, harga beras medium di tingkat nasional berkisar antara Rp12.300 hingga Rp12.400 per kilogram.

Advertisement

Sementara harga beras premium berada di kisaran Rp 14.000 hingga Rp 14.200 per kilogram. IKAPPI mencatat, bahwa kenaikan harga beras ini telah mencapai titik tertinggi dan merupakan rekor peningkatan harga yang signifikan.

Baca Juga:


Baca Juga :Dengan Pengguntingan Pita, Gedung Baru TK Pertiwi Padangsidimpuan Diresmikan

"IKAPPI mendorong perlunya langkah-langkah cepat untuk mencegah situasi ini berkembang menjadi darurat beras nasional," kata Ketua Umum IKAPPI, Abdullah Mansuri dalam keterangan resminya, Kamis (31/8/2023).

Mansuri menyampaikan, walaupun belum mencapai taraf darurat beras secara nasional, tetapi potensi masalah ini terus ada. Bahkan di lapangan, terutama di tahap penggilingan, akses untuk mendapatkan beras semakin sulit dan bahkan mengarah pada persaingan.

Sementara itu, Kementerian Pertanian tetap optimistis bahwa panen di bulan September 2023 akan membawa pasokan yang cukup, tetapi IKAPPI melihat situasi yang berbeda berdasarkan keluhan dari pedagang pasar di seluruh Indonesia.


Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru