BMKG: Sumut Alami 20 Gempa Besar dalam 100 Tahun Terakhir

Sumut Alami 20 Gempa Besar dalam 100 Tahun Terakhir
- Selasa, 13 Desember 2022 22:47 WIB
BMKG: Sumut Alami 20 Gempa Besar dalam 100 Tahun Terakhir
Foto: Istimewa
Ilustrasi gempa bumi
bulat.co.id -Badan Meteorologi, Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) Deli Serdang menilai pada dasarnya Sumatera Utara (Sumut) selalu berpotensi alami gempa bumi.

"Hal ini disebabkan oleh adanya sumber kegempaan yaitu zona subduksi di Pantai Barat Sumatera dan Zona Sesar Sumatera yang membentang sepanjang pegunungan Bukit Barisan," terang Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang Agus Riyanto, kepada bulat.co.id, Selasa (13/12/2022).

Sambungnya, pada dasarnya potensi gempa bumi ini akan terus terjadi akibat pergerakan lempeng subduksi. Ia katakan, pada zona Sesar Sumatera yang melalui wilayah Sumut yaitu segmen Barumun, Segmen Angkola, Segmen Toru dan Segmen Renun. Segmen sesar tersebut mempengaruhi aktivitas kegempaan di wilayah darat.

"Umumnya gempa subduksi menghasilkan gempa yang jauh lebih besar serta mampu memicu tsunami. Contohnya gempa bumi Aceh Tahun 2004 dan gempa bumi Nias Tahun 2005," ucapnya.

Agus katakan, gempa yang diakibatkan sesar darat juga tidak kalah berbahaya. Alasan utama mengapa gempa bumi sesar darat seringkali merusak adalah karena kedalamannya dangkal dan bersumber dekat dengan kota atau pemukiman.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru