Nasib Pengungsi Rohingya yang Mendarat di Deli Serdang Ditentukan Hari Ini

Redaksi - Selasa, 02 Januari 2024 12:30 WIB
Nasib Pengungsi Rohingya yang Mendarat di Deli Serdang Ditentukan Hari Ini
Istimewa

bulat.co.id -DELI SERDANG | Sebanyak 156 pengungsi Rohingya mendarat di wilayah Deli Serdang, Sumatera Utara. Kapal yang membawa para pengungsi ini diduga dirusak sehingga para pengungsi melakukan pendaratan di Deli Serdang.

Advertisement

"Kapal yang ditumpangi oleh pengungsi Rohingya asal Bangladesh membawa 156 orang tersebut dalam posisi kapal karam yang diduga sengaja melubangi kapal yang dilakukan tekong (nakhoda) kapal," ucap Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban, Senin (1/1/24).

Pengungsi Rohingya yang terdampar tersebut pertama kali ditemukan oleh warga bernama Surya, Sabtu (30/12/23) sekitar pukul 19.25 WIB. Nahkoda kapal melarikan diri usai diduga merusak kapalnya.

"Diduga kapal yang membawa pengungsi Rohingya asal Bangladesh karam adalah unsur sengaja merusak kapal dari pihak tekong/nakhoda kapal yang langsung melarikan diri dengan menggunakan Boat kecil," ucapnya.

Camat Labuhan Deli Muhammad Dhani Mulyawan mengaku pihaknya kewalahan mengakses lokasi 156 pengungsi Rohingya di Desa Karang Gading, Labuhan Deli, Deli Serdang, yang hanya bisa ditempuh melalui perairan. Relokasi para pengungsi Rohingya itu akan diputuskan saat rapat Selasa (2/1/24).

"Itu besok kami rapat seluruh unsur muspika dan yang terkait permasalahan itu mulai dari TNI/Polri, UNHCR, IOM di jadwalkan besok di Kantor Kecamatan atau Kantor Bupati," kata Camat Labuhan Deli Muhammad Dhani Mulyawan, Senin (1/1/24).

Pembahasan dalam rapat itu termasuk terkait relokasi pengungsi. Sejauh ini belum ada lokasi yang dijadikan opsi relokasi pengungsi.

"Termasuk relokasi, belum ada gambaran akan direlokasi ke mana," ucapnya.

Baca Juga:
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru