Kunyit Hitam Jenis Tanaman Langka Kini Mulai Banyak Ditanam Warga Purbalingga

Kunyit Hitam Jenis Tanaman Langka Kini Mulai Banyak Ditanam Warga Purbalingga
Redaksi - Jumat, 24 Maret 2023 15:15 WIB
Kunyit Hitam Jenis Tanaman Langka Kini Mulai Banyak Ditanam Warga Purbalingga
Foto: bulat.co.id/Solihin Kohar
Tanaman kunyit Hitam memiliki berbagai macam hasiat diantaranya untuk mencegah kanker dan lain-lainnya.
bulat.co.id -Para pembudidaya tanaman di Purbalingga, kini mulai banyak menanam tanaman jenis Kunyit Hitam. Kunyit Hitam salah satu jenis tanaman yang tergolong masih langka dibandingkan tanaman jenis kunyit lainnya.

Jenis tanaman kunyit ada berbagai jenis diantaranya, jenis kunyit putih, kunyit kuning dan kunyit Hitam. Dari semua jenis Kunyit hanya kunyit Hitam yang masih tergolong langka, lantaran masih jarang orang yang menanam kunyit jenis ini.

Yang membedakan berbagai jenis Kunyit adalah dari daunnya dan warna umbinya. Untuk kunyit kuning warna umbinya kuning dan berdaun tinggi dan lebar dengan warna hijau tua, untuk kunyit putih berdaun seperti kunyit kuning namun lebih pendek dan warna daunnya agak pucat sedangkan umbinya berwarna putih.
Baca juga:Tanam Nanas di Bawah Pohon Damar Perhutani, Petani Akui Hasilnya Kurang Bagus

Sedangkan untuk kunyit Hitam mempunyai jenis daun yang sama seperti jenis Kunyit lainnya namun lebih pendek dari jenis daun kunyit pada umumnya dan memiliki warna umbi yang berwarna hitam.

"Untuk bibit dan kebutuhan umbi skala kecil kami bisa melayani, tapi untuk sekala besar kami tidak ada stok disamping masih sedikit bibitnya juga perkembangan jenis Kunyit Hitam lamban dibandingkan jenis Kunyit lainnya," tutur Tris, pembudidaya tanaman kunyit Hitam kepada wartawan Jumat (24/3/2023).



(cr/Solihin kohar)

Advertisement
Halaman :
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru