Tanam Nanas di Bawah Pohon Damar Perhutani, Petani Akui Hasilnya Kurang Bagus

Redaksi - Rabu, 22 Maret 2023 22:22 WIB
Tanam Nanas di Bawah Pohon Damar Perhutani, Petani Akui Hasilnya Kurang Bagus
bulat.co.id/Solihin Kohar
Pohon Nanas ditanam di bawah tegakan Pohon Damar milik Perhutani.
bulat.co.id - Hasil panen tanaman Nanas Madu di bawah tegakan Pohon Damar Perhutani dinilai kurang bagus karena sulitnya mendapatkan sinar matahari. Hal ini dikatakan seorang petani yang meladangi lahan Perhutani.

"Tanaman Nanas disini kurang bagus karena sulit terkena sinar matahari. Nanas ditanam tepat di bawah tegakan pohon. Jadi, hasilnya kurang maksimal," tutur seorang petani Nanas bernama Rusdi, Rabu (22/3/2023).

Advertisement

Dialnjutkannya, Pohon Damar yang rata rata berdiameter hingga satu meter dan jarak tanam yang rapat menyulitkan matahari masuk ke celah dedaunan.

Baca Juga:

Baca Juga: Nanas Madu Belik Pemalang Kini Banyak Ditanam di Purbalingga">Nanas Madu Belik Pemalang Kini Banyak Ditanam di Purbalingga

"Kondisi ini membuat tanaman Nanas kekurangan cahaya matahari sehingga tanaman sulit tumbuh subur dibandingkan di lahan yang terbuka," jelasnya.

Rusdi menjelaskan dirinya tidak dikenai biaya apapun selama menanam di lahan milik Perhutani. "Gratis, tidak bayar apa pun," tutur Rusdi.

Nanas Madu yang sebelumnya hanya ditanam di Daerah Kecamatan Belik saja. Kini mulai merambah ke Kabupaten Purbalingga, terutama daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pemalang. (Solihin kohar)

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru