Gempa M4,6 Guncang Laut Selatan Jabar

- Minggu, 06 November 2022 09:28 WIB
Gempa M4,6 Guncang Laut Selatan Jabar
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

bulat.co.id - Laut Selatan Jawa Barat kembali gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,6 pada pukul 04.51.15 WIB, Minggu (6/11/2022). Gempa berjarak 93 km dari Kota Sukabumi dirasakan hingga Pameungpeuk, Garut.

Advertisement

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,6 episenter terletak pada koordinat 7.76 LS dan 106.91 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km Barat Daya Kota Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 37 km.

Baca Juga:

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal dipicu sesar aktif dasar laut di lempeng Eurasia (intraplate earthquake), " kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto.

Dilansir Okezone, berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cipamingkis, Sindangbarang, Pameungpeuk, Agrabinta dengan Skala Intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Gempa juga dirasakan di Cigaru, Kab. Sukabumi dengan Skala Intensitas II - III MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Di Kota Sukabumi dan Pelabuhanratu dengan Skala Intensitas II MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami

"Hingga pukul 05:25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," katanya.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Red)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru