Kenapa Sih Siswa Perlu Sarapan Dan Olahraga Pagi Sebelum Belajar? Begini Penjelasannya

Ragil Surono - Jumat, 11 Oktober 2024 15:00 WIB
Kenapa Sih Siswa Perlu Sarapan Dan Olahraga Pagi Sebelum Belajar? Begini Penjelasannya
bulat.co.id -PEMALANG I Sarapan pagi dengan menu sehat yang ditentukan sekolah terhadap para siswanya secara bersamaan penting dilaksanakan dengan tujuan untuk membiasakan pelajar berbudaya hidup sehat.

Advertisement

SMP Negeri 6 Pemalang secara periodik melaksanakan program Jumat sehat pada Minggu ke dua setiap bulan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh Murid dan Guru, dengan tujuan membudayakan gaya hidup sehat dengan sarapan dan olahraga senam atau jalan sehat.

Baca Juga:

Untuk kegiatan jumat sehat pada 11 Oktober 2024 ini diawali dengan senam pagi yang dipandu oleh bagian kesiswaan, dan Guru olahraga serta diikuti seluruh warga sekolah baik guru maupun siswa yang antusias mengikutinya.

Ketika dikonfirmasi terkait kegiatan Jum'at sehat ini Kepala sekolah SMP Negeri 6, Pemalang Purwaningsih, menuturkan jikaolahraga pagi begitu banyak membawa manfaat, tidak hanya menyehatkan badan saja,akan tetapi dapat juga menghilangkan rasa stres, bagi kalangan pelajar dapat meningkatkan konsentrasi belajar yang berujung pada peningkatan prestasi akademik.

" Olahraga pagi yang murah dan mudah adalah senam pagi, karena tidak memerlukan banyak peralatan dan perlu diketahui dengan melaksanakan senam, aliran darah ke otak dapat meningkat sehingga membantu untuk memusatkan perhatian dan focus, " tutur Purwaningsih.



Lebih lanjut dirinya mengatakan, ada yang unik dari pelaksanaan jumat sehat kali ini, selepas melaksanakan senam, seluruh warga sekolah berkumpul dan berkelompok di lapangan untuk menyantap bekal makanan yang mereka bawa dari rumah.

" Sarapan sehat bersama yang diliputi suasana gembira, menambah keakraban dan kebersamaan, " pungkasnya .

Tujuan sarapan pagi bersama disekolah selain membiasakan pola hidup sehat dengan makan yang bergizi bekal dari rumah, juga sebagai upaya menumbuhkan karakter religius dengan berdoa sebelum makan, disiplin dan tertib mengikuti program sekolah, berbagi kepada teman dan bertanggung jawab terhadap sampah dan sampah nasi disekitarnya.

Adapun dilaksanakanya kegiatan jumat sehat dengan sarapan pagi menurut Kepala sekolah SMP Negeri 6 Pemalang bertujuan untuk.

Meningkatkan kesadaran pentingnya aktivitas fisik dan konsumsi makanan sehat, Juga membangun kebersamaan dan suasana akrab di antara seluruh anggota sekolah

Kegiatan Jum'at sehat juga dapat menciptakan atmosfer sekolah yang hangat dan mendukung.

Menumbuhkan karakter religius dengan berdoa sebelum makan.

Membiasakan disiplin dan tertib mengikuti program sekolah dan juga membiasakan berbagi kepada teman yang akhirnya membiasakan bertanggung jawab terhadap sampah dan remah nasi

Kegiatan Jumat Sehat di sekolah yang dipadukan dengan sarapan pagi bersama jalan sehat,

Kegiatan ini bisa diawali dengan pembiasaan pagi, seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya, hormat bendera, serta pembacaan teks Pancasila.

Untuk memotivasi seluruh peserta Jumat sehat, diawalidengan yel-yel aksi bergizi untuk menambah semangat pentingnya menjaga kesehatan.

Sarapan pagi yang sehat dapat memenuhi sekitar 30% kebutuhan gizi harian anak-anak.

Sarapan sehat juga dapat meningkatkan energi, mencegah kelelahan, serta meningkatkan konsentrasi dan prestasi akademis.





Halaman :
Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru