Dukungan Pemulihan Pendidikan Melalui Penguatan Literasi

Ragil Surono - Jumat, 27 September 2024 13:11 WIB
Dukungan Pemulihan Pendidikan Melalui Penguatan Literasi
istimewa
Dukungan Pemulihan Pendidikan Melalui Penguatan Literasi.

Dukungan pemulihan pembelajaran melalui penguatan literasi dilakukan melalui 5 strategi yaitu program buku bacaan bermutu, perencanaan berbasis data, program guru penggerak, program kampus mengajar, dan Kemitraan dengan mitra pembangunan.

Advertisement

Dunia saat ini tengah berjuang untuk memulihkan kondisi pembelajaran. Banyak upaya dan intervensi dikeluarkan oleh masingmasing negara guna mengejar ketertinggalan akibat penutupan sekolah dan pembelajaran online.

Baca Juga:

Pemerintah Indonesia juga berupaya menjalankan beberapa kebijakan untuk menanggulangi potensi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) dan ketimpangan pembelajaran (learning gap) selama pandemi.

Ketertinggalan pembelajaran mempunyai indikasi di antaranya ketika peserta didik kesulitan untuk memahami kompetensi yang dipelajari sebelumnya, juga ketika mereka tidak mampu menuntaskan pembelajaran di jenjang kelas, atau ketika peserta didik mempunyai kompleksitas permasalahan karena tidak mampu menguasai pembelajaran di setiap jenjang.

Adapun ketimpangan Penguatan literasi dan numerasi terutama di jenjang pendidikan dasar menjadi salah satu perhatian dalam perancangan kurikulum yang berfokus pada kompetensi.

Selaras dengan konsep literasi dan numerasi yang digunakan dalam kebijakan Asesmen Kompetensi Nasional (AKM), literasi didefinisikan sebagai kemampuan peserta didik dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Sementara itu numerasi didefinisikan sebagai kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia (REF).

Merujuk pada definisi tersebut, literasi dan numerasi merupakan kemampuan yang dipelajari dalam berbagai mata pelajaran, tidak hanya Bahasa Indonesia (untuk literasi) dan Matematika (untuk numerasi).

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru