Ini Pesan Jokowi Usai Resmikan 18 Venue PON di Aceh

Redaksi - Senin, 09 September 2024 15:45 WIB
Ini Pesan Jokowi Usai Resmikan 18 Venue PON di Aceh
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Aceh
bulat.co.id - BANDA ACEH | Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 18 venue Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh yang dibangun dengan anggaran Rp 811 miliar.

Jokowi pun berpesan dan meminta fasilitas itu dimanfaatkan dengan baik sehingga tidak rusak.

Advertisement

Peresmian venue PON digelar di depan Stadion Dimurthala Banda Aceh, Senin (9/9/2024). Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan Menpora Dito Ariotedjo dan sejumlah pejabat.

Baca Juga:

Usai melakukan peresmian, Jokowi sempat meninjau ke dalam stadion. Menurutnya, 18 venue yang direnovasi dan dibangun itu tersebar di Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie dan Aceh Tengah.

"Dalam rangka mendukung pelaksanaan PON XXI di Aceh dan Sumut, sejak 2023 kita telah melaksanakan renovasi dan pembangunan venue-venue. Di Provinsi Aceh ada 18 venue PON yang telah dibangun direnovasi dengan biaya anggaran Rp 811 miliar," kata Jokowi.

Jokowi meminta kepala daerah di Aceh agar menjaga, merawat dan memanfaatkan venue tersebut sebaik-baik. Dia tidak ingin pengalaman dari PON sebelumnya terulang di Tanah Rencong.

"Saya tidak ingin setelah PON usai fasilitas yang telah dibangun dengan dana yang sangat besar menjadi tidak terawat akhirnya rusak. Ini pengalaman dari PON sebelumnya," jelas Jokowi.

"Karena itu sekali saya minta kepada gubernur, bupati, walikota agar mengelola pemanfaatan fasilitas ini secara profesional agar terpelihara dengan baik dan dapat dimanfaatkan dalam waktu yang panjang," sambungnya.

Jokowi juga meminta venue tersebut dapa dimanfaatkan untuk pembinaan atlet di Aceh usai berlangsungnya PON.

"Manfaatkan venue ini untuk penjaringan dan pembinaan bibit unggul dalam bidang olahraga sebagai tempat pelatihan atlet dari Aceh untuk meningkatkan prestasi dari cabang-cabang olahraga untuk nantinya bertanding di tingkat nasional dan internasional," ujarnya dilansir dari detik.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru