Menjelang Pilkada, Polres Langsa Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Rahman - Kamis, 22 Agustus 2024 12:30 WIB
Menjelang Pilkada, Polres Langsa Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota
Fatih Rahman
Simulasi pengamanan kota dilaksanakan Polres Langsa dalam mengantisipasi Kamtibmas jelang Pilkada 2024
bulat.co.id -LANGSA I Simulasi Sistem Pengaman Kota yang di gelar oleh Polres Langsa dalam rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 dalam wilayah hukum Polres Langsa, di Lapangan Kompi Ban, Rabu (21/08/2024).

Advertisement

Kapolres Langsa AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K., S.H., M.H, pada kegiatan tersebut menjelaskan Simulasi Sistem Pengamanan Kota ini diselenggarakan berdasarkan Surat Telegram Kepala Kepolisian Daerah Aceh Nomor : STR/153/VIII/OPS.1.3./2024 tanggal 8 Agustus 2024 tentang Direktif Operasi Mantap Praja 2024 Polda Aceh.

Baca Juga:

Terlaksananya kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) dan sebagai bentuk kesiapan Polres Langsa dalam memelihara kemampuan dan menyiapkan seluruh peralatan serta komponen personel agar mempunyai mitigasi dan manajemen penanganan konflik yang baik guna mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas khususnya dalam menghadapi pemilihan kepala daerah tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres Langsa.

Kegiatan simulasi ini meliputi menjaga dan mencegah situasi gangguan kamtibnas dalam wilayah hukum Polres Langsa dan beberapa titik tertentu yang di khawatirkan akan terjadi kericuhan atau kerusuhan yang mengakibatkan terganggunya proses pelaksanaan tahapan pilkada.

Terkait hal itu, Polres Langsa telah menyiapkan dan menyiagakan personil pengamanan baik melalui patroli rutin dan penugasan pemantauan serta pengamanan di lokasi tertentu untuk mengantisipasi terjadinya Kamtibmas.

Hal tersebut di peragakan melalui Simulasi Sistem Pengamanan Kota yakni berupa Skenario pengamanan pada saat bakal calon walikota melaksanakan kampanye, Skenario pengrusakan APK, Skenario pada masa tenang, Skenario pelaksanaan pergeseran logistik pilkada, Skenario pada saat pemungutan suara,

Selanjutnya, juga turut diperagakan Skenario pengamanan perhitungan surat suara di TPS, Skenario pelaksanaan pengamanan Kotak Suara, Skenario pengamanan Kantor KIP, Skenario unjuk rasa anarkis, Skenario penculikan dan pembebasan sandera, sampai dengan Skenario penemuan bom.


Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru