Fenomena bunuh diri di wisata air panas Semurup, Kerinci Jambi

Solihin Kohar - Minggu, 30 Juni 2024 11:00 WIB
Fenomena bunuh diri di wisata air panas Semurup, Kerinci Jambi
Solihin Kohar
Lokasi wisata air panas Semurup Kerinci
bulat.co.id -JAMBI I Wisata air panas Semurup di Kerinci sudah dikenal hingga mancanegara karena keunikannya. Di sana terdapat pusat air panas yang dapat mematangkan telur dalam waktu singkat jika direndam di dalamnya.

Keunikan wisata ini membuat masyarakat terus berdatangan untuk menyaksikan langsung keindahan alam yang ada di Desa Semurup, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Advertisement

Di sana, pengunjung dapat merasakan langsung sensasi merebus telur di pusat air panas. Petugas akan membantu pengunjung dengan menyediakan keranjang khusus, telur, dan alat untuk merendam.

Baca Juga:

Pengunjung juga bisa menikmati kamar mandi air panas, spot foto di GAO Jantan, dan Menara Jangki dengan pemandangan kawasan lembah air panas alami Semurup Kerinci.

Namun, di balik keindahan dan keunikan tersebut, tempat ini menyimpan kisah tragis. Salah satu kisah paling tragis terjadi 13 tahun silam, di mana seorang perempuan menceburkan diri ke dalam kolam air panas bersama putrinya yang berumur 8 tahun.

Kasus bunuh diri di tempat ini sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Beberapa korban dapat diselamatkan, namun banyak juga yang tewas mengenaskan.

Ketika media ini berkunjung ke sana dan berbincang dengan seorang pedagang telur, tim media diberitahu bahwa tempat itu sudah digunakan untuk bunuh diri sejak puluhan tahun yang lalu. Orang lain yang media ini ajak bicara bahkan mengatakan fenomena tersebut sudah terjadi lebih dari 100 tahun.

Umumnya, orang-orang yang datang dengan niat buruk berasal dari daerah Kerinci dan sekitarnya. Namun, tidak jarang juga orang datang dari jauh, seperti dari Payakumbuh dan Kota Jambi. Mereka merasa putus asa karena berbagai sebab, terutama masalah ekonomi dan asmara.

Pemagaran di sekeliling gao hulu, yang dikelola oleh pemerintah kabupaten setempat, merupakan upaya pencegahan tindakan bunuh diri. Pagar tersebut dipasangi gembok. Pengunjung harus meminta petugas atau pedagang telur untuk membuka pagar dan mereka akan mengawasi dengan serius.

Penjual telur yang ditemui media ini mengaku sudah paham watak dan gelagat pengunjung. Jika ada yang berniat buruk, ia akan mengajaknya bicara baik-baik. Orang-orang seperti itu biasanya sudah kelihatan dari sikapnya. Yang paling umum ialah, mereka terlihat linglung atau resah.

Diharapkan dengan upaya pencegahan yang terus dilakukan, fenomena bunuh diri di air panas Semurup bisa diminimalisir sehingga tempat ini bisa terus menjadi destinasi wisata yang aman dan menyenangkan.

Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru