Dialog Interaktif Mengisi Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Pemalang

Ragil Surono - Kamis, 20 Juni 2024 20:41 WIB
Dialog Interaktif Mengisi Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Pemalang
ist
Dialog Interaktif Mengisi Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Pemalang
bulat.co.id - Dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pemalang menggelar Dialog Interaktif bertajuk "Pemalang Bergerak Menghadapi Perubahan Iklim: Aksi Nyata Adaptasi dan Mitigasi" pada Kamis, (20/6/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perubahan iklim dan mendorong partisipasi aktif mereka dalam upaya adaptasi dan mitigasi.

Advertisement

Dialog interaktif ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk perwakilan dari pemerintah daerah, Bupati Pemalang Mansur Hidayat,Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemalang, Wiji Mulyati, dan Narasumber, Ninik Damiyati, Sigit Pujiono, Isa Ansori, serta akademisi, organisasi masyarakat sipil, dan masyarakat umum.

Baca Juga:

Para peserta berdiskusi tentang berbagai topik terkait perubahan iklim, seperti dampaknya terhadap Pemalang, upaya yang dilakukan untuk mengatasinya, dan peran masyarakat dalam aksi nyata adaptasi dan mitigasi.

Dampak Perubahan Iklim di Pemalang

Pemalang, seperti daerah lain di Indonesia, tidak luput dari dampak perubahan iklim.

Dampak yang paling terasa adalah meningkatnya frekuensi dan intensitas cuaca ekstrem, seperti banjir, kekeringan, dan angin kencang.

Fenomena ini telah menyebabkan kerusakan infrastruktur, kerugian ekonomi, dan bahkan korban jiwa.

Pemerintah daerah Pemalang telah mengambil berbagai langkah untuk mengatasi perubahan iklim, Pengembangan energi terbarukan, Penanaman pohon, Rehabilitasi hutan, Pembangunan infrastruktur tahan bencana, Peningkatan edukasi dan kesadaran masyarakat tentang perubahan iklim.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyampaikan, jika terkait dengan menjaga kebersihan lingkungan hidup bisa dimulai dari diri sendiri masing-masing individu dan lingkungan terdekatnya.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru