Tak Bisa Melaut Karena Cuaca, Nelayan Pemalang Berburu Udang Kipas

Ragil Surono - Selasa, 21 Mei 2024 16:34 WIB
Tak Bisa Melaut Karena Cuaca, Nelayan Pemalang Berburu Udang Kipas
bulat.co.id/ragil surono
Tidak Bisa Melaut Karena Cuaca, Nelayan Pemalang Berburu Udang Kipas
bulat.co.id - Udang kipas atau nelayan di pelabuhan Tanjung Sari Pemalang menyebutnya sebagai udang pletok, keberadaanya kini sulit dicari di perairan utara laut jawa, semakin hari semakin sulit ditemui, kalau ada harganya bisa bikin geleng-geleng kepala pembelinya.

Berkaitan dengan arus bawah laut yang kencang serta fenomena terjadinya terang bulan di tengah laut utara jawa, sehingga menyebabkan banyak Nelayan menganggur, tidak pergi melakukan aktifitas melaut seperti biasanya.

Advertisement

Anto Kumis (45) Seorang nelayan warga kelurahan Sugihwaras, kecamatan Pemalang kota sudah hampir 6 bulan lamanya tidak mencari nafkah pergi melaut karena terjadinya fenomena arus deras yang dibarengi dengan munculnya terang bulan tersebut, akhirnya beralih mengandalkan jual beli udang Kipas.

Baca Juga:

Seperti hari ini Selasa 21 Mei 2024, lelaki dengan berperawakan tegap serta berkumis ini dijumpai di tempat warung makan depan kantor Satpolairud Pemalang sedang minum kopi sembari menunggu para Nelayan barangkali dapat Udang kipas untuk dibelinya,

"Sudah hampir 6 bulan saya menganggur tidak melaut karena arus deras dan terang bulan sehingga sulit untuk mencari ikan," tutur Anto.

Untuk mengganti pekerjaanya, dirinya menjadi pembeli hasil tangkapan nelayan berupa Udang kipas untuk kemudian di jual kembali,

"Ini baru dapat dua ekor udang Kipas, ukuran sekitar 20 an centimeter panjangnya, saya beli dua ekor tadi Rp.60.000 ekor, saya kumpulkan di rumah dalam kondisi udang masih hidup, nanti kalau sudah cukup jumlahnya, saya jual ke pengepul di kota Cirebon," terang Anto.

Masih menurutnya harga jual untuk udang dengan kualifikasi super, panjang antara 30- 40 centimeter bisa sampai Rp 200.000 perekornya.

"Alhamdulillah mas buat pengganti saya ngga melaut, untuk sekali kirim sekitar 100 san ekor udang, hasil saya membeli dari nelayan kemudian dikumpulkan," tutupnya.

Terpisah, ketua DPC HNSI Kabupaten Pemalang Abul Hasan mengatakan, jika pembelian udang kipas walaupun sedikit demi sedikit, jika terkumpul ratusan ekor nilai uangnya cukup lumayan.

"Ratusan ekor udang Kipas, jika dijual nilainya sama dengan puluhan Basket ( wadah ikan ) ikan teri," ungkapnya.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru